Main Article Content
Abstract
Salah satu visi pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 merupakan keterampilan penyelesaian masalah. Kemampuan pemecahan masalah siswa masi rendah ditunjukan oleh murid belum terbiasa menyelesaikan soal yang membutuhkan aspek memahami, merencanakan, menyelesaikan dan menyimpulkan. Kajian ini bertujuan agar melihat dampak game based learning pada keterampilan masalah murid terhadap pengetahuan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Analisis ini adalah kajian eksperimen semu. Analisis ini dijalankan pada SMP Negeri 18 Kota Bengkulu terhadap semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini memakai teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen yang memanfaatkan game based learning dengan banyak siswa berjumlah 28 siswa dan kelas VIII.6 menjadi kelasa kontrol yang memakai pendidikan lama dengan banyak siswa berjumlah 30 siswa. Instrumen yang dipakai dalam analisis ini merupakan lembar tes keterampilan penyelesaian masalah. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai , yakni serta nilai signifikan (2-tailed) cenderung tinggi oleh taraf signifikan yakni . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada game based learning pada keterampilan penyelesaian masalah murid terhadap pengatahuan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.
Article Details
Copyright (c) 2024 Tri Atmajaya, Agus Susanta, Tria Utari, Edi Susanto, Della Maulidiya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.