Main Article Content

Abstract

Salah satu visi pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 merupakan keterampilan penyelesaian masalah. Kemampuan pemecahan masalah siswa masi rendah ditunjukan oleh murid belum terbiasa menyelesaikan soal yang membutuhkan aspek memahami, merencanakan, menyelesaikan dan menyimpulkan. Kajian ini bertujuan agar melihat dampak game based learning pada keterampilan masalah murid terhadap pengetahuan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Analisis ini adalah kajian eksperimen semu. Analisis ini dijalankan pada SMP Negeri 18 Kota Bengkulu terhadap semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini memakai teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen yang memanfaatkan game based learning dengan banyak siswa berjumlah 28 siswa dan kelas VIII.6 menjadi kelasa kontrol yang memakai pendidikan lama dengan banyak siswa berjumlah 30 siswa. Instrumen yang dipakai dalam analisis ini merupakan lembar tes keterampilan penyelesaian masalah. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai , yakni  serta nilai signifikan (2-tailed) cenderung tinggi oleh taraf signifikan yakni . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada game based learning pada keterampilan penyelesaian masalah murid terhadap pengatahuan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Atmajaya, T., Susanta, A., Utari, T., Susanto, E., & Maulidiya, D. (2023). PENGARUH GAME BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 441–449. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.441-449