Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu antara model Problem Based Learning berkonteks Bengkulu dan tidak berkonteks Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII H (kelas eksperimen 1) yang berjumlah 29 orang diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning berkonteks Bengkulu dan VII I (kelas eksperimen 2) yang berjumlah 28 orang diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning tidak berkonteks Bengkulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil dari pengujian hipotesis kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai  sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu antara model Problem Based Learning berkonteks Bengkulu dan tidak berkonteks Bengkulu. Meskipun nilai rata-rata siswa yang diberi pembelajaran dengan model problem based learning berkonteks Bengkulu lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model problem based learning tanpa konteks Bengkulu tetapi hasil yang didapatkan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Article Details

How to Cite
Lusiyanti, Siagian, T. A., Rahimah, D., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2023). PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS BENGKULU DAN TIDAK BERKONTEKS BENGKULU . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 371–384. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.371-384