Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan LKPD dengan Pendekatan Saintifik berbasis Problem Based Learning untuk siswa SMP. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ialah kelas VII D yang terdiri dari 35 orang peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektivan LKPD berdasarkan hasil perhitungan nilai N-Gain dengan rata-rata N-Gain 75,67% berada pada kategori efektif dan didukung oleh uji paired t- test denga nilai p-value 0,000< 0,5 yang berarti LKPD berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Keywords

Efektifitas LKPD Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis PBL

Article Details

How to Cite
Maricsha, M., Yensy B, N. A., Rahimah, D., Stiadi, E., & Agustinsa, R. (2025). EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 95–103. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.95-103

References

  1. Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
  2. Cahyani, H., & Setyawati, R. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pbl untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi mea. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
  3. Fatmala, R., Sariningsih, R., & Zhanty, L. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii pada materi himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
  4. Herika, H., Andara, B., & Anggriani, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 28–41. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.124
  5. Hosnan, M. (2016). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.
  6. Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika (Bunga Sari Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.
  7. Lathief, W. H., & Tasman, F. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik dengan model problem based learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. 10(2), 49–54.
  8. Majid, A. (2014). Implementasi kurikulum 2013. Interes Media.
  9. Malan, S. B., Ndlovu, M., & Engelbrecht, P. (2014). Introducing problem-based learning (PBL) into a foundation programme to develop self-directed learning skills. In South African Journal of Education (Vol. 34, Issue 1). https://doi.org/10.15700/201412120928
  10. Pardomuan, M. J. N. (2013). Kurikulum 2013 , guru , siswa , afektif , psikomotorik , kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067
  11. Purnama, M. D., D. (2017). Pengembangan media box mngenal bilangan dan operasinya siswa kelas 1 di SDN Gadang Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(April), 46–51.
  12. Rahmah, N. (2018). Hakikat pendidikan matematika. In Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
  13. Rianti, R. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis. 2, 802–812.
  14. Rochmad. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, 3(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351
  15. Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
  16. Setianingsih, D., Aini, C., & Kristanti, F. (2016). Meningkatkan prestasi belajar aritmatika sosial dengan pendekatan saintifik kelas vii smp muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 105. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.101
  17. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
  18. Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika Umbaryati. Prisma, 218–221.
  19. Wahyuni, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022
  20. Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
  21. Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas vii. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
  22. Zaif, A., Sunardi, & Diah, N. (2013). Penerapan pembelajaran pemecahan masalah model polya untuk menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah pada siswa kelas ix smp negeri 1 jember semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Pancaran, 2(1), 119–132.
  23. Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning untuk materi matematika kelas viii. Journal Pendidikan Matematika, 12(2), 33–46.