Main Article Content
Abstract
Matematika sering dianggap sebagai slah satu mata pelajaran yang sukar oleh sebagian besar siswa, sehingga memerlukan strategi yang dapat meningkatkan minat belajar mereka. Salah satu strategi yang dianggap efektif dalam menumbuhkan minat belajar siswa adalah melalui penggunaan media pembelajaran inovatif, yang dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa menggunakan aplikasi Geogebra dengan materi persamaan garis lurus. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan sampel pada penelitian berdasarkan metode purposive sampling, yang berdasarkan pertimbangan peneliti. Sampel terdiri dari 30 siswa dari kelas VIII-B SMP Negeri Neonbat. Data yang digunakan untuk menilai efektivitas aplikasi Geogebra diperoleh melalui pemberian tes berupa 5 soal, sementara data untuk menganalisis minat belajar siswa menggunakan instrumen yang terdiri dari 25 pernyataan. Hasil analisis minat belajar siswa menunjukkan bahwa tanggapan yang diberikan siswa mencakup pernyataan positif, dengan persentase cukup berminat sebesar 53,34%, berminat sebesar 20%, dan sangat berminat sebesar 13,33%.
Article Details
Copyright (c) 2023 Maria Lidu, Justin Eduardo Simarmata, Eduardus Beo Seso Delvion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.