Isi Artikel Utama

Abstrak

Matematika sering dianggap sebagai slah satu mata pelajaran yang sukar oleh sebagian besar siswa, sehingga memerlukan strategi yang dapat meningkatkan minat belajar mereka. Salah satu strategi yang dianggap efektif dalam menumbuhkan minat belajar siswa adalah melalui penggunaan media pembelajaran inovatif, yang dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa menggunakan aplikasi Geogebra dengan materi persamaan garis lurus. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan sampel pada penelitian berdasarkan metode purposive sampling, yang berdasarkan pertimbangan peneliti. Sampel terdiri dari 30 siswa dari kelas VIII-B SMP Negeri Neonbat. Data yang digunakan untuk menilai efektivitas aplikasi Geogebra diperoleh melalui pemberian tes berupa 5 soal, sementara data untuk menganalisis minat belajar siswa menggunakan instrumen yang terdiri dari 25 pernyataan. Hasil analisis minat belajar siswa menunjukkan bahwa tanggapan yang diberikan siswa mencakup pernyataan positif, dengan persentase cukup berminat sebesar 53,34%, berminat sebesar 20%, dan sangat berminat sebesar 13,33%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lidu, M., Simarmata, J. E., & Delvion, E. B. S. (2023). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA. JP2MS, 7(3), 395–402. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.395-402