Main Article Content
Abstract
Bersumber pada hasil observasi yang telah diadakan pada kelas VIII MTs Al Fatah Tumpukrenteng Turen, diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran yang dilakukan, siswa tidak terlalu aktif dan tidak memiliki motivasi yang cukup untuk mempelajari materi matematika, terutama Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kondisi ini menyebabkan capaian belajar siswa rendah. Riset ini dilaksanakan untuk meningkatkan capaian akademik siswa melalui penggunaan strategi efektif metode Student Facilitator and Explaining (SFAE). Jenis riset pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena permasalahan muncul berasal dari praktek pembelajaran di MTs Al Fatah dan selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan baik sebelum maupun sesudah pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran SFAE tentang SPLDV membuat siswa senang dan tertarik, yang tercermin dalam hasil belajar mereka. Ketercapaian siswa pada siklus I mendapatkan jumlah skor 1.265 dan rata-rata 74,41. Hasil pembelajaran siswa selama siklus kedua mendapatkan jumlah skor 1.403 dan nilai rata-rata 82,52.
Article Details
Copyright (c) 2023 Amelia Shofie Maulida Baroroh, Sri Hariyani, Timbul Yuwono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.