Main Article Content

Abstract

Bersumber pada hasil observasi yang telah diadakan pada kelas VIII MTs Al Fatah Tumpukrenteng Turen, diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran yang dilakukan, siswa tidak terlalu aktif dan tidak memiliki motivasi yang cukup untuk mempelajari materi matematika, terutama Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kondisi ini menyebabkan capaian belajar siswa rendah. Riset ini dilaksanakan untuk meningkatkan capaian akademik siswa melalui penggunaan strategi efektif metode Student Facilitator and Explaining (SFAE). Jenis riset pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena permasalahan muncul berasal dari praktek pembelajaran di MTs Al Fatah dan selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan baik sebelum maupun sesudah pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran SFAE tentang SPLDV membuat siswa senang dan tertarik, yang tercermin dalam hasil belajar mereka. Ketercapaian siswa pada siklus I mendapatkan jumlah skor 1.265 dan rata-rata 74,41. Hasil pembelajaran siswa selama siklus kedua mendapatkan jumlah skor 1.403 dan nilai rata-rata 82,52.

Article Details

How to Cite
Baroroh, A. S. M., Hariyani, S., & Yuwono, T. (2023). PENINGKATAN PRESTASI SISWA MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 323–334. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.323-334