Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan gaya kognitif, yang terbagi menjadi field independent dan field dependent. Kemampuan pemecahan masalah yang dievaluasi mencakup empat indikator utama, yaitu memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan melakukan pengecekan kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari 154 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kota Pariaman, dengan sampel sebanyak 64 orang yang dipilih secara acak. Sampel kemudian dikelompokkan berdasarkan angket gaya kognitif dan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent. Namun, ditemukan bahwa peserta didik dengan gaya kognitif field dependent memperoleh nilai yang lebih tinggi pada indikator menyusun rencana pemecahan masalah jika dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent.
Article Details
Copyright (c) 2023 Fitria Mardika, Sity Rahmy Maulida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.