Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran menggunakan pendekatan discovery learning guna meningkatkan pemahaman konsep Pola Bilangan dengan valid; menghasilkan video yang mudah diimplementasikan; dan menciptakan materi video yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep tersebut. Penelitian ini mengadopsi metode Research & Development (R & D) dengan teknik pengumpulan data yang mencakup validasi, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi, praktis, dan efektif. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil validasi dari tiga validator yang mencapai 87,75%, tanggapan positif dari 25 siswa yang mencapai 76,3%, dan peningkatan signifikan dalam hasil post-test yang diperoleh oleh siswa.

Article Details

How to Cite
Uskono, Y. C., Simarmata, J. E., & Mone, F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 385–394. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.385-394