Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran menggunakan pendekatan discovery learning guna meningkatkan pemahaman konsep Pola Bilangan dengan valid; menghasilkan video yang mudah diimplementasikan; dan menciptakan materi video yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep tersebut. Penelitian ini mengadopsi metode Research & Development (R & D) dengan teknik pengumpulan data yang mencakup validasi, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi, praktis, dan efektif. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil validasi dari tiga validator yang mencapai 87,75%, tanggapan positif dari 25 siswa yang mencapai 76,3%, dan peningkatan signifikan dalam hasil post-test yang diperoleh oleh siswa.
Article Details
Copyright (c) 2023 Yunitha Centriana Uskono, Justin Eduardo Simarmata, Ferdinandus Mone
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.