Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika sangat perlu diperhatikan sebab matematika bisa diartikan sebagai ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena termasuk ilmu yang universal. Proses pembelajaran juga harus beragam yang mana harus melibatkan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan di SMP Sunan Bonang Kraton dengan subjek sasarannya adalah kelas VII yang berjumlah 29 siswa dimana menerapkan model Student Teams Achievement Division (STAD). Model ini adalah suatu bentuk pembelajaran secara berkelompok. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang dilakukan pada tanggal 3 November dan 8 November. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Pembelajaran menggunakan model STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 43% dan pada siklus II sebesar 77%. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II, artinya pembelajaran menggunakan model STAD pada siklus II masuk dalam kategori tinggi.
Article Details
Copyright (c) 2023 Amaliyah Mukmilah, Andika Setyo Budi Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.