Main Article Content

Abstract

Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk berhasil dalam suatu tugas atau pelajaran tertentu. Materi Pythagoras adalah bagian penting dalam pembelajaran matematika, dan seringkali dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk memahami sejauh mana self-efficacy mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap materi Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pentingnya self-efficacy peserta didik di SMPN 14 Kota Serang pada materi Pythagoras. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 33 peserta didik kelas VIII G SMPN 14 Kota Serang. Kuesioner mengukur self-efficacy berdasarkan lima indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tertinggi self-efficacy adalah 61,75%, yang dikategorikan sebagai "cukup baik" Secara khusus, dari 33 siswa yang mengisi kuesioner, tidak ada yang memiliki self-efficacy sangat rendah. Namun, sebanyak 33.33% peserta didik yang memiliki self efficacy cukup, 63.64% peserta didik yang memiliki self efficacy baik, 3.03% yang memiliki self efficacy sangat baik. Temuan ini memberikan pemahaman tentang tingkat self-efficacy peserta didik dalam menghadapi materi Pythagoras di SMPN 14 Kota Serang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat self-efficacy peserta didik. Peningkatan self-efficacy peserta didik dapat menjadi langkah penting untuk membantu mereka mengatasi kesulitan dalam memahami materi yang dianggap sulit, seperti Pythagoras dalam matematika.

Article Details

How to Cite
Novaliyosi, N., Romsih, O., Yunita, E., Widiyastini, K. R., Rahma, A. N., Syam, S. S., & Mita, M. (2023). ANALISIS PENTINGNYA SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMPN 14 KOTA SERANG PADA MATERI PYTHAGORAS. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 345–354. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.345-354