Main Article Content
Abstract
Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk berhasil dalam suatu tugas atau pelajaran tertentu. Materi Pythagoras adalah bagian penting dalam pembelajaran matematika, dan seringkali dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk memahami sejauh mana self-efficacy mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap materi Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pentingnya self-efficacy peserta didik di SMPN 14 Kota Serang pada materi Pythagoras. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 33 peserta didik kelas VIII G SMPN 14 Kota Serang. Kuesioner mengukur self-efficacy berdasarkan lima indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tertinggi self-efficacy adalah 61,75%, yang dikategorikan sebagai "cukup baik" Secara khusus, dari 33 siswa yang mengisi kuesioner, tidak ada yang memiliki self-efficacy sangat rendah. Namun, sebanyak 33.33% peserta didik yang memiliki self efficacy cukup, 63.64% peserta didik yang memiliki self efficacy baik, 3.03% yang memiliki self efficacy sangat baik. Temuan ini memberikan pemahaman tentang tingkat self-efficacy peserta didik dalam menghadapi materi Pythagoras di SMPN 14 Kota Serang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat self-efficacy peserta didik. Peningkatan self-efficacy peserta didik dapat menjadi langkah penting untuk membantu mereka mengatasi kesulitan dalam memahami materi yang dianggap sulit, seperti Pythagoras dalam matematika.
Article Details
Copyright (c) 2023 Novaliyosi Novaliyosi, Oom Romsih, Evia Yunita, Kiki Rizki Widiyastini, Athiyyah Nur Rahma, Syifa Subhiyati Syam, Mita Mita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.