Main Article Content

Abstract

Media Pembelajaran berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satunya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga peserta didik lebih praktis dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Discovery Learning pada materi Bangun Datar yang layak dan praktis untuk digunakan.  Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, uji coba terbatas 6 peserta didik, dan uji coba lapangan 24 peserta didik. Hasil dari penelitian ini validasi ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 96,67 % dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan validasi ahli materi sebesar 89,14% dengan kriteria sangat layak.  Kepraktisan dari hasil tanggapan atau pengisian angket kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa dengan persentase sebesar 86,44% dengan kriteria sangat praktis. Pada pengisian angket kelompok besar (24 siswa) dengan persentase sebesar 93,38% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik berbasis (LKPD) Guided Discovery Learning pada materi Bangun Datar kelas VII layak dan praktis digunakan sebagai media ajar dalam proses pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Aulia , R., Maryana, M., Isfayani, E., Fajriana, F., & Wulandari, W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA PESETA DIDIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 355–362. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.355-362