Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika berbantuan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah lembar tes yang berjumlah 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pengolahan dan analisis data yang dilakukan meliputi penentuan skor soal analisis deskriptif, analisis uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis inferensial/hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil uji hipotesis motivasi belajar menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed = 2,859 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 serta nilai distribusi ttabel adalah 2,011. Sehingga thitung> ttabel (2,959 > 2,011) dan Sig.(2-tailed) 0,005 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan pembelajaran Matematika berbantuan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 17 Kota Bengkulu.
Article Details
Copyright (c) 2024 Yusnia Yusnia, Ike Kurniawati, Neza Agusdianita, Irfan Supriatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.