Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika dengan menggunakan model Problem Based Learnning pada materi aljabar yang valid, praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yaitu pengembangan dengan menggunakan mode ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 8 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data lembar validasi, analisis data lembar kepraktisan, serta analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan bahasa termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,87 ,aspek kevalidan media termasuk dalam kategori valid dengan skor 0,7, dan aspek kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,94; (2) kualitas bahan ajar modul dilihat dari aspek kepraktisan one to one dikategorikan sangat praktis dengan skor 4,7 dan aspek kepraktisan small group dikategorikan sangat praktis 4,7 dari seluruh aspek kepraktisan tergolong dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,7; (3) bahan ajar modul memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dimana sebanyak 28 siswa (92,85%) termasuk dalam kategori tuntas. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah sebesar 70.

Keywords

Aljabar Pengembangan Modul Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Anggraini, Y., Mawardi, D. N., & Refianti, R. (2025). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ALJABAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 121–129. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.121-129

References

  1. Adha, I., & Refianti, R. (2019). Respon siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa (lks) berbasis konteks lubuklinggau dengan pendekatan pmri. Curup Annual Conference on Math (CACM), 1(1), 6-10.
  2. Aflahah, M. I. (2019). Konsep dasar belajar dan pembelajaran. Duta Media Publishing.
  3. Anshary, I., & Edidas. (2018). Pengembangan trainer mikrokontroler sebagai media pembelajaran dengan metode fault-finding. Jurnal okasional Teknik Elektronik dan Informatika, 6(2), 1-5.
  4. Bonifasia, M, Kosu P., Bhoke, W., Bela M. E., & Wewe, M. (2023). Pengembangan modul ajar matematika berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik (pmr) pada materi statistika untuk peserta didik kelas viii smp. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2127–2139.
  5. Indah Irawati. (2020). Application of the problem based learning (pbl) learning model improves students’ cooperation attitude. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 2209–2215.
  6. Jupri, A., Drijvers, P., & Van Den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Difficulties in initial algebra learning in indonesia. Mathematics Education Research Journal, 26(4), 683-710.
  7. Kurniawan, H., Safitri, N., & Sari, D. P. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 67–74.
  8. Mashuri, S., & Djidu, H. (2019). Problem based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125.
  9. Muhammad, M.S. dan A. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi covid-19. Penerbit 3M Media Karya.
  10. Mulungye, M. M., O'Connor, M., & Ndethiu, S. (2016). Sources of student errors and misconceptions in algebra and effectiveness of classroom practice remediation in machakos. Journal Of Education and Practice, 7(10), 31-33.
  11. Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac.id/sites/default/files/pengabdian/draendang-mulyatiningsih mpd/7cpengembangan-mode pembelajaran. pdf. pada September.
  12. Norsanty, U.O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lks) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk peserta didik kelas viii. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-13.
  13. Putra, I. W., & Pratiwi, D. A. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis problem based learning pada materi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 12–19.
  14. Refianti, R. (2022). Workshop pembelajaran menggunakan pmri guna menanamkan konsep dasar matematika yang dituangkan dalam bentuk lks. PKM Linggau: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 32-36.
  15. Sriwijayanti, R. P., Qomariyah, R. S., & Nurma, I. F. (2020). Pengembangan media adobe flash berbasis pakem di sekolah dasar. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 92-105.
  16. Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.