Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul matematika materi peluang berbasiskan discovery learning yang valid, praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 3 validator pada tahap development, 3 siswa kelas X.PS 2 pada tahap one to one, 6 siswa kelas X PS.2 pada tahap small group, serta seluruh siswa kelas X.PS 2 dengan jumlah 26 siswa pada tahap efek potensial. Teknik pengumpulan data m enggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data lembar validasi, analisis data lembar kepraktisan, serta analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan bahasa termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,87, aspek kevalidan media termasuk dalam kategori valid dengan skor 0,75 dan aspek kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid 1,00; (2) Kualitas bahan ajar modul dilihat dari aspek kepraktisan guru dikategorikan praktis dengan skor 3,6, aspek one to one dikategorikan sangat praktis dengan skor 4,5 dan aspek kepraktisan small group di kategorikan sangat praktis dengan skor 4,4 dari seluruh aspek kepraktisan tergolong dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,4; (3) Bahan ajar modul memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dimana sebanyak 24 siswa (92,30%) termasuk dalam kategori tuntas, sedangkan sebanyak 2 siswa (7,69%) belum tuntas dengan Kriteria Belajar Minimal (KBM) yang ditetapkan sekolah sebesar 70.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Iwayuli Yani, Nur Fitriyana, Rani Refianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) menggunakan pendekatan matematika realistik indonesia berbasis konteks sumatera selatan. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 1-10.
Brigenta, D. H. (2017). Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 1(1), 167-173.
Dentika, A. Y.(2017). “Pengembangan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi peluang untuk siswa kelas xi”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitriyana, N. & Purwasih, L.A. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa bebasis discovery learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17-25.
Nurmeidina, R. L. (2020). Pengembangan modul teori peluang untuk meningkatkan hasil belajar dan disposisi matematis. AKSIOMA: Jurnal program studi pendidikan matematika, 9(2), 440-450.
Rasyid, A. L. A. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas rendah sekolah dasar di masa pandemi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6401- 6408. https://doi.org/10.31004/basicedu. v5i6.1788.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian pengembangan model addie dan r2d2: Teori & praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rustandi, A. (2021). Penerapan model addie dalam pengembangan media pembelajaran di smpn 22 kota samarinda. FASILKOM: Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(2), 57-60.
Tegeh, I M, Jampel, I N., & Pudjawan, K (2014). Model penelitian pengembangan. Graha Ilmu.
Wahyuny, I. N. (2017). Pengembangan modul edukasi literasi keuangan islam dan produk halal dengan addie. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
References
Brigenta, D. H. (2017). Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 1(1), 167-173.
Dentika, A. Y.(2017). “Pengembangan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi peluang untuk siswa kelas xi”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitriyana, N. & Purwasih, L.A. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa bebasis discovery learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17-25.
Nurmeidina, R. L. (2020). Pengembangan modul teori peluang untuk meningkatkan hasil belajar dan disposisi matematis. AKSIOMA: Jurnal program studi pendidikan matematika, 9(2), 440-450.
Rasyid, A. L. A. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas rendah sekolah dasar di masa pandemi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6401- 6408. https://doi.org/10.31004/basicedu. v5i6.1788.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian pengembangan model addie dan r2d2: Teori & praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rustandi, A. (2021). Penerapan model addie dalam pengembangan media pembelajaran di smpn 22 kota samarinda. FASILKOM: Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(2), 57-60.
Tegeh, I M, Jampel, I N., & Pudjawan, K (2014). Model penelitian pengembangan. Graha Ilmu.
Wahyuny, I. N. (2017). Pengembangan modul edukasi literasi keuangan islam dan produk halal dengan addie. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).