Main Article Content
Abstract
Matematika sering kali dipandang sebagai mata pelajaran yang susah, menakutkan, dan membosankan. Faktor ini disebabkan oleh pandangan siswa terhadap matematika dan kepribadian seorang guru. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2024/2025 untuk mengetahui pandangan siswa terhadap matematika dan kepribadian seorang guru terhadap efisiensi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, jenis metode penelitian ini merupakan penelitian yang mengumpulkan data dalam bentuk narasi untuk menggambarkan fenomena yang diteliti. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara di SMPN 1 Majene, dengan melibatkan satu guru matematika dan 15 siswa kelas VII sebagai partisipan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, (a) Stigma negatif siswa terhadap matematika merupakan masalah terbesar yang dihadapi guru. (b) Pemahaman siswa terhadap pembelajaran, khususnya matematika, juga dipengaruhi secara signifikan oleh sikap dan cara guru mengajar. Selain itu, pembelajaran harusnya membimbing siswa dalam memahami materi, bukannya membatasi dan mempersulit siswa. (c) Proses dan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh sikap dan kepribadian guru serta pandangan siswa terhadap matematika.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Yoyon Purnacita, Irmawati Irmawati, Sri Wardani, Biwiastiy Sayadi, Miskiyah Miskiyah, Wanasari Wanasari, Sriwahyuni Sriwahyuni, Arni Arni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi kritis terhadap pandangan matematika dari perspektif siswa dan pendidik sekolah dasar. Jpgsd, 6 (10), 1706-1717. Dikutip dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24544/22463
- Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja layanan pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061-1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104
- Council, N. R. (1989). Everybody Counts: A Report to the Nation on the Future of Mathematics Education. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/1199
- Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747-752. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1059
- Hartini, S., & Azhar, N. (2020). Kontribusi kompetensi kepribadian guru dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 266-275. Dikutip dari https://www.jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/263/245
- Hidayat, R. (2018). Kontribusi mathematics anxiety terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada pembelajaran kalkulus. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 206. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.847
- Husain, M., & Puspasari, D. (2015). pengembangan bahan ajar buku saku pada kompetensi dasar mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor pada siswa kelas xi apk 1 smkn 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3), 1-16. Dikutip dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/12524
- Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi individual dalam pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 146-156. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3327
- Nursyamsi. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Jurnal Al-Ta’lim. 21. (1). 32. http://dx.doi.org/10.15548/jt.v21i1.70
- Palullu, A., Manurung, O., & Maukar, M. G. (2022). Hubungan motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Sains Riset, 12(3), 543-549. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2453
- Prabowo, G., & Khaudli, M. I. (2024). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma melalui pembelajaran project based learning. Jurnal Pendidikan Indonesia (Joupi), 2(2), 140-150. https://doi.org/10.62007/joupi.v2i2.324
- Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 894-900). Dikutip dari https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/390/287
- Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dikutip dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2408
- Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
- Sahara, R. J. (2018). Pengaruh kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa smp negeri se-kabupaten maros (Tesis, Universitas Negeri Makassar). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10689
- Saragih. (2013). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sma/ma di kecamatan simpang ulim melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19 (2). https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i2.275
- Sari, N. M., & Yulia, P. (2023). Kompetensi kepribadian guru matematika di madrasah tsanawiyah. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 73-82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1224
- Sitepu, E. M. R., Nainggolan, J. A., & Lumbansiantar, R. A. (2023). Urgensi bagi pendidikan di negara indonesia yang sedang berkembang. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 100-108. Dikutip dari https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5764/2657
- Skemp, R. R. (2006). Relational understanding and instrumental understanding. Mathematics teaching in the middle school, 12(2), 88-95. https://doi.org/10.5951/MTMS.12.2.0088
- Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada. Dikutip dari https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/6918/slug/pengantar-evaluasi-pendidikan.html
- Suryani, M. (2023). Hakekat pendidikan dalam kehidupan manusia: Studi analisis empiris perilaku masyarakat. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 537-544. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3397
- Teguh, M. T. S., Wulan, T. N., & Juansah, D. E. (2023). Teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif pada metode penelitian. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5962-5974. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12005
- Wardani, R., & Suryanti, H. H. S. (2024). Analisis pandangan siswa terhadap pola interaksi guru dalam proses pembelajaran matematika di kelas vi sd negeri banaran 5 tahun 2022. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 474-477. Dikutip dari https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/314/321
- Zakaria, Z., Sukomardojo, T., Sugiyem, S., Razali, G., & Iskandar, I. (2023). Menyiapkan siswa untuk karir masa depan melalui pendidikan berbasis teknologi: Meninjau peran penting kecerdasan buatan. Journal on Education, 5(4), 14141-14155. Dikutip dari https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2436
References
Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi kritis terhadap pandangan matematika dari perspektif siswa dan pendidik sekolah dasar. Jpgsd, 6 (10), 1706-1717. Dikutip dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24544/22463
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja layanan pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061-1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104
Council, N. R. (1989). Everybody Counts: A Report to the Nation on the Future of Mathematics Education. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/1199
Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747-752. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1059
Hartini, S., & Azhar, N. (2020). Kontribusi kompetensi kepribadian guru dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 266-275. Dikutip dari https://www.jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/263/245
Hidayat, R. (2018). Kontribusi mathematics anxiety terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada pembelajaran kalkulus. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 206. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.847
Husain, M., & Puspasari, D. (2015). pengembangan bahan ajar buku saku pada kompetensi dasar mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor pada siswa kelas xi apk 1 smkn 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3), 1-16. Dikutip dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/12524
Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi individual dalam pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 146-156. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3327
Nursyamsi. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Jurnal Al-Ta’lim. 21. (1). 32. http://dx.doi.org/10.15548/jt.v21i1.70
Palullu, A., Manurung, O., & Maukar, M. G. (2022). Hubungan motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Sains Riset, 12(3), 543-549. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2453
Prabowo, G., & Khaudli, M. I. (2024). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma melalui pembelajaran project based learning. Jurnal Pendidikan Indonesia (Joupi), 2(2), 140-150. https://doi.org/10.62007/joupi.v2i2.324
Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 894-900). Dikutip dari https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/390/287
Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dikutip dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2408
Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Sahara, R. J. (2018). Pengaruh kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa smp negeri se-kabupaten maros (Tesis, Universitas Negeri Makassar). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10689
Saragih. (2013). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sma/ma di kecamatan simpang ulim melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19 (2). https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i2.275
Sari, N. M., & Yulia, P. (2023). Kompetensi kepribadian guru matematika di madrasah tsanawiyah. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 73-82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1224
Sitepu, E. M. R., Nainggolan, J. A., & Lumbansiantar, R. A. (2023). Urgensi bagi pendidikan di negara indonesia yang sedang berkembang. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 100-108. Dikutip dari https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5764/2657
Skemp, R. R. (2006). Relational understanding and instrumental understanding. Mathematics teaching in the middle school, 12(2), 88-95. https://doi.org/10.5951/MTMS.12.2.0088
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada. Dikutip dari https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/6918/slug/pengantar-evaluasi-pendidikan.html
Suryani, M. (2023). Hakekat pendidikan dalam kehidupan manusia: Studi analisis empiris perilaku masyarakat. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 537-544. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3397
Teguh, M. T. S., Wulan, T. N., & Juansah, D. E. (2023). Teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif pada metode penelitian. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5962-5974. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12005
Wardani, R., & Suryanti, H. H. S. (2024). Analisis pandangan siswa terhadap pola interaksi guru dalam proses pembelajaran matematika di kelas vi sd negeri banaran 5 tahun 2022. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 474-477. Dikutip dari https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/314/321
Zakaria, Z., Sukomardojo, T., Sugiyem, S., Razali, G., & Iskandar, I. (2023). Menyiapkan siswa untuk karir masa depan melalui pendidikan berbasis teknologi: Meninjau peran penting kecerdasan buatan. Journal on Education, 5(4), 14141-14155. Dikutip dari https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2436