Main Article Content

Abstract

Hasil belajar matematika siswa sekolah dasar masih tergolong rendah, salah satunya disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang bersifat pasif dan kurang melibatkan siswa secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD 38 Janna-Jannaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 16 siswa, dengan instrumen berupa soal pilihan ganda untuk pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 58,12 menjadi 85,18, serta peningkatan ketuntasan belajar dari 19% menjadi 87,5%. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa metode role playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berhitung, tetapi juga membangun kerja sama dan komunikasi antar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini membuka peluang untuk studi lanjutan mengenai penerapan role playing pada materi matematika lainnya, pada jenjang pendidikan berbeda, atau dikombinasikan dengan media digital untuk mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran interaktif.

Keywords

Matematika Pembelajaran Role Playing

Article Details

How to Cite
Lestari, I. D., Nursyam, A., & Kiki Henra, K. H. (2025). PANGGUNG AJAIB ANGKA: PETUALANGAN MATEMATIKA DALAM TEATER PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS IV SD 38 JANNA-JANNAYA . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 36–43. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.36-43

References

  1. Abd.Mukhid. (2021). Metodologi penelitian pendeketan kuantitatif.
  2. Naldi, A., Oktaviandry, R., & Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2938
  3. Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159
  4. Alfiati, R., Yosafa, E. M., Zuhdi, U., & Riani, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Materi Nilai Mata Uang Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas Ii Upt Sd Negeri Ngampelrejo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3651–3658.
  5. Asdar, Arwadi, F., & Rismayanti. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.857
  6. Aurika, L., Halidjah, S., & Pranata, R. (2024). Pengaruh Model Role Playing dalam Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan. Journal on Education, 06(02), 14880–14886.
  7. Elisabeth, W. P. P. N. P. A. S. Y. A. M. S., & Astitin, Y. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Kaba-Kaba. Jurnal Pena, 1(1), 70–74.
  8. Ii, K., Geneng, S. D. N., & Jepara, K. (2024). Penerapan metode. 09.
  9. Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). 3 1,2,3. 9(November), 1–10.
  10. Imama, N., Lestari, F. D., Kholiqa, S., Dhika, P., Ningsih, K., & Mataram, U. (2024). Implementasi role market playing terhadap kemampuan numerasi kelas iii di sdn 12 cakranegara implementation of role market playing on class iii numeracy skills at sdn 12 cakranegara. 4(3).
  11. Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341
  12. Margiati, D. P., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Negri 1 Sidodadi. Journal of Arts and Education, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.33365/jae.v1i1.28
  13. Maria Naldince, Yufrinalis, Marianus, N.S., F., & Timba. (2024). Penggunaan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 600–608.
  14. Nomor, V., Rozak, D. L., & Fatkhiyani, N. (2022). Pengaruh metode role playing pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa di mi hidayatul mubtadiin new. 1(September), 22–25.
  15. Nurfauzi, Y., Mayadiana Suwarna, D., Ramatni, A., Wilson Sitopu, J., Sinaga, J., Majenang, S., Pendidikan Indonesia, U., Muhammadiyah Sungai Penuh, S., Simalungun, U., & Tinggi Teologi Widya Agape, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 06(01), 213–221.
  16. Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-analisis pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (pmr) terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878
  17. Reza Lestari, Habibi, & Syaiful Bastari. (2024). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika (studi kasus siswa kelas vi sd negeri 03 gumay ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.58222/jurip.v3i1.777
  18. Saidah, L. (2023). Penerapan Role Playing Mata Uang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), 1236–1259. https://jurnal.widyahumaniora.org/
  19. Simuru, J. K., Saerang, I. S., & Maramis, J. B. (2021). Pengujian akurasi metode moving average dalam memprediksi harga saham masa depan pada bank bumn yang terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal EMBA, 9(3), 1664–1673. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35948
  20. Smp, D. I., & Makmur, B. (2021). No Title. 1, 1–11.
  21. Sopandi, M. N., Sakura, H., Arga, P., & Nurfurqon, F. F. (2024). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV sekolah dasar. 07(04), 749–758.
  22. Wahyuni, T. P. (2023). Analisis Penggunaan Model Role Playing dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V Di Sekolah Dasar. 6(1977), 3482–3488.
  23. Wulandari, S. I., Nuryadi, N., & Wargana, M. B. (2023). Efektivitas metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa smp negeri 6 yogyakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12142–12147. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8320
  24. Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh model role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika smp. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173