Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan aspek penting dalam kegiatan pendidikan. Namun, minat yang dimiliki siswa dalam belajaran matematika masih tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengembangkan alat peraga Tiang Barisan dan Deret Geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari angket minat belajar, lembar validasi, dan lembar kepraktisan. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase minat belajar, validitas, dan kepraktisan berdasarkan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga dinyatakan valid dengan persentase dari ahli media dan dari ahli materi. Selain itu, alat peraga juga dinyatakan praktis oleh guru dengan persentase dan siswa dengan persentase . Skor angket minat belajar menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa sebesar . Meskipun demikian, minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih dalam kategori “cukup”. Alat peraga tersebut dapat dinyatakan valid karena sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa, serta memiliki desain yang menarik. Alat peraga dinyatakan praktis karena penggunaannya yang cukup mudah dan ukuran yang sesuai. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Wulan Putri Utami, Iik Nurhikmayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran (1st ed.). Remaja Rosdakarya.
- Aliana, W. S., Basir, A., & Kukuh, K. (2024). Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi program linear dua variabel. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 25–34. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3672
- Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125
- Aulia, R. P., Prihatin, J., & Siswati, B. H. (2023). Hubungan antara minat belajar dengan keberhasilan belajar siswa dengan penerapan buku ajar elektronik sistem ekskresi berbasis brain-based learning (bbl) dilengkapi video dan diagram roundhouse. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 11–17. https://doi.org/10.31849/bl.v10i1.13435
- Aulia, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi tata surya kelas VI sekolah dasar. JPGSD (Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52603
- Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor penyebab rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
- Fadillah, N., & Safitri, I. (2022). Peningkatan prestasi belajar IPA dengan penggunaan alat peraga elektromagnet pada siswa kelas V SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 143–149. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.569
- Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbantuan aplikasi anyflip pada materi lingkaran untuk siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047
- Karimah, N. I., Setiyani, & Raharjo, J. F. (2021). Pemanfaatan menara hanoi sebagai media pembelajaran pola bilangan di SMP 11 Kota Cirebon. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.657
- Khaulah, S., Novianti, & Nurazmah. (2019). Analisis minat belajar siswa matematika terhadap model pembelajaran two stay two stray kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII. https://www.neliti.com/id/publications/477333/analisis-minat-belajar-siswa-matematika-terhadap-model-pembelajaran-two-stay-two
- Khotimah, K. (2018). Peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan metode sosiodrama kelas V di madrasah ibtidaiyah Al-Qur’an Tempuran Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018. IAIN Metro Digital Repository. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2002/1/SKRIPSI%20PDF%20KHUSNUL.pdf
- Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
- Liana, E. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (pbl) menggunakan alat peraga menara hanoi. Repository UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5456
- Linda, A., Anisa, N. N., Atfal, M. F., Kusumaningtyas, P., & Suprihyatin. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas ii di sdn 005 samarinda ulu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Mulawarman. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3060
- Monica, M. (2021). Pengembangan alat peraga pembelajaran matematika berbasis alur pemrosesan informasi pada kelas II MI Datok Sulaiman Kota Palopo. Repository IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/3910/1/SKRIPSI%20MONIC.pdf
- Nurhafifah, A. Y., & Mayasari. (2019). Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.163
- Nurhikmayati, I. (2018). Pengaruh model two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(1). https://doi.org/10.31949/th.v3i1.895
- Pratama, A. F., Kurniadi, D., & Sriwahyuni, T. (2018). Kontribusi kemampuan awal dan aktifitas belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat sistem operasi jaringan di SMKN 8 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 2(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v2i2.3301
- Safari. (2003). Jakarta: Rineka Cipta.
- Sari, E. I., Huda, N., & Syamsurizal, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme pada materi segitiga siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1721–1728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.601
- Sukandi, H., Rahayu, Y. N., Safitri, N. R., & Zain, I. A. (2024). Penggunaan alat peraga dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. Jurnal Perspektif, 8(1), 70. https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.275
- Suprihatin, S., Sembiring, M. B., & Rambe, I. H. (2022). Pengembangan model pembelajaran saintifik berbantuan alat peraga paparaga baret untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas X SMK. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 190–199. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.758
- Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900
References
Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran (1st ed.). Remaja Rosdakarya.
Aliana, W. S., Basir, A., & Kukuh, K. (2024). Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi program linear dua variabel. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 25–34. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3672
Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125
Aulia, R. P., Prihatin, J., & Siswati, B. H. (2023). Hubungan antara minat belajar dengan keberhasilan belajar siswa dengan penerapan buku ajar elektronik sistem ekskresi berbasis brain-based learning (bbl) dilengkapi video dan diagram roundhouse. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 11–17. https://doi.org/10.31849/bl.v10i1.13435
Aulia, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi tata surya kelas VI sekolah dasar. JPGSD (Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52603
Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor penyebab rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Fadillah, N., & Safitri, I. (2022). Peningkatan prestasi belajar IPA dengan penggunaan alat peraga elektromagnet pada siswa kelas V SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 143–149. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.569
Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbantuan aplikasi anyflip pada materi lingkaran untuk siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047
Karimah, N. I., Setiyani, & Raharjo, J. F. (2021). Pemanfaatan menara hanoi sebagai media pembelajaran pola bilangan di SMP 11 Kota Cirebon. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.657
Khaulah, S., Novianti, & Nurazmah. (2019). Analisis minat belajar siswa matematika terhadap model pembelajaran two stay two stray kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII. https://www.neliti.com/id/publications/477333/analisis-minat-belajar-siswa-matematika-terhadap-model-pembelajaran-two-stay-two
Khotimah, K. (2018). Peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan metode sosiodrama kelas V di madrasah ibtidaiyah Al-Qur’an Tempuran Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018. IAIN Metro Digital Repository. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2002/1/SKRIPSI%20PDF%20KHUSNUL.pdf
Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
Liana, E. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (pbl) menggunakan alat peraga menara hanoi. Repository UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5456
Linda, A., Anisa, N. N., Atfal, M. F., Kusumaningtyas, P., & Suprihyatin. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas ii di sdn 005 samarinda ulu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Mulawarman. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3060
Monica, M. (2021). Pengembangan alat peraga pembelajaran matematika berbasis alur pemrosesan informasi pada kelas II MI Datok Sulaiman Kota Palopo. Repository IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/3910/1/SKRIPSI%20MONIC.pdf
Nurhafifah, A. Y., & Mayasari. (2019). Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.163
Nurhikmayati, I. (2018). Pengaruh model two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(1). https://doi.org/10.31949/th.v3i1.895
Pratama, A. F., Kurniadi, D., & Sriwahyuni, T. (2018). Kontribusi kemampuan awal dan aktifitas belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat sistem operasi jaringan di SMKN 8 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 2(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v2i2.3301
Safari. (2003). Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, E. I., Huda, N., & Syamsurizal, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme pada materi segitiga siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1721–1728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.601
Sukandi, H., Rahayu, Y. N., Safitri, N. R., & Zain, I. A. (2024). Penggunaan alat peraga dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. Jurnal Perspektif, 8(1), 70. https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.275
Suprihatin, S., Sembiring, M. B., & Rambe, I. H. (2022). Pengembangan model pembelajaran saintifik berbantuan alat peraga paparaga baret untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas X SMK. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 190–199. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.758
Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900