Main Article Content

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan aspek penting dalam kegiatan pendidikan. Namun, minat yang dimiliki siswa dalam belajaran matematika masih tergolong  rendah.  Penelitian ini  merupakan penelitian dan pengembangan yang  mengembangkan alat peraga Tiang Barisan dan Deret Geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari angket minat belajar, lembar validasi, dan lembar kepraktisan. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase minat belajar, validitas, dan kepraktisan berdasarkan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga dinyatakan valid dengan persentase  dari ahli media dan  dari ahli materi. Selain itu, alat peraga juga dinyatakan praktis oleh guru dengan persentase  dan siswa dengan persentase . Skor angket minat belajar menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa sebesar . Meskipun demikian, minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih dalam kategori “cukup”. Alat peraga tersebut dapat dinyatakan valid karena sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa, serta memiliki desain yang menarik. Alat peraga dinyatakan praktis karena penggunaannya yang cukup mudah dan ukuran yang sesuai. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan.

Keywords

Geometric Sequences and Series Interest in learning Teaching aids

Article Details

How to Cite
Utami, W. P., & Nurhikmayati, I. (2025). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TIANG BARISAN DAN DERET GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 56–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.56-65

References

  1. Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran (1st ed.). Remaja Rosdakarya.
  2. Aliana, W. S., Basir, A., & Kukuh, K. (2024). Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi program linear dua variabel. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 25–34. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3672
  3. Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125
  4. Aulia, R. P., Prihatin, J., & Siswati, B. H. (2023). Hubungan antara minat belajar dengan keberhasilan belajar siswa dengan penerapan buku ajar elektronik sistem ekskresi berbasis brain-based learning (bbl) dilengkapi video dan diagram roundhouse. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 11–17. https://doi.org/10.31849/bl.v10i1.13435
  5. Aulia, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi tata surya kelas VI sekolah dasar. JPGSD (Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52603
  6. Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor penyebab rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
  7. Fadillah, N., & Safitri, I. (2022). Peningkatan prestasi belajar IPA dengan penggunaan alat peraga elektromagnet pada siswa kelas V SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 143–149. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.569
  8. Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbantuan aplikasi anyflip pada materi lingkaran untuk siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047
  9. Karimah, N. I., Setiyani, & Raharjo, J. F. (2021). Pemanfaatan menara hanoi sebagai media pembelajaran pola bilangan di SMP 11 Kota Cirebon. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.657
  10. Khaulah, S., Novianti, & Nurazmah. (2019). Analisis minat belajar siswa matematika terhadap model pembelajaran two stay two stray kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII. https://www.neliti.com/id/publications/477333/analisis-minat-belajar-siswa-matematika-terhadap-model-pembelajaran-two-stay-two
  11. Khotimah, K. (2018). Peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan metode sosiodrama kelas V di madrasah ibtidaiyah Al-Qur’an Tempuran Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018. IAIN Metro Digital Repository. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2002/1/SKRIPSI%20PDF%20KHUSNUL.pdf
  12. Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
  13. Liana, E. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (pbl) menggunakan alat peraga menara hanoi. Repository UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5456
  14. Linda, A., Anisa, N. N., Atfal, M. F., Kusumaningtyas, P., & Suprihyatin. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas ii di sdn 005 samarinda ulu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Mulawarman. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3060
  15. Monica, M. (2021). Pengembangan alat peraga pembelajaran matematika berbasis alur pemrosesan informasi pada kelas II MI Datok Sulaiman Kota Palopo. Repository IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/3910/1/SKRIPSI%20MONIC.pdf
  16. Nurhafifah, A. Y., & Mayasari. (2019). Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.163
  17. Nurhikmayati, I. (2018). Pengaruh model two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(1). https://doi.org/10.31949/th.v3i1.895
  18. Pratama, A. F., Kurniadi, D., & Sriwahyuni, T. (2018). Kontribusi kemampuan awal dan aktifitas belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat sistem operasi jaringan di SMKN 8 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 2(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v2i2.3301
  19. Safari. (2003). Jakarta: Rineka Cipta.
  20. Sari, E. I., Huda, N., & Syamsurizal, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme pada materi segitiga siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1721–1728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.601
  21. Sukandi, H., Rahayu, Y. N., Safitri, N. R., & Zain, I. A. (2024). Penggunaan alat peraga dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. Jurnal Perspektif, 8(1), 70. https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.275
  22. Suprihatin, S., Sembiring, M. B., & Rambe, I. H. (2022). Pengembangan model pembelajaran saintifik berbantuan alat peraga paparaga baret untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas X SMK. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 190–199. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.758
  23. Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900