Main Article Content

Abstract

Trigonometri sering dianggap sulit oleh siswa karena konsepnya yang kompleks dan metode pengajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Kartu TrigonoMatch sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan disposisi matematis pada pembelajaran trigonometri. Diharapkan bahwa media ini akan dapat diandalkan dan berguna untuk pembelajaran trigonometri di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metodologi ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) bersama dengan pendekatan R&D, yang difokuskan pada tahap pengembangan. Lembar validasi dan kuesioner kepraktisan digunakan sebagai instrumen penelitian. Validitas dihitung menggunakan rumus , sedangkan kepraktisan diukur dengan . Hasil dalam rentang 80%-100% dianggap "sangat valid" atau "sangat praktis." Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kartu TrigonoMatch "sangat valid," dengan skor 95,71% dari ahli media dan 83,7% dari ahli materi. Uji kepraktisan menghasilkan 91,67% dari guru dan 81,6% dari siswa, yang dinilai "Sangat Praktis." Media ini meningkatkan motivasi, minat, dan pemahaman siswa terhadap trigonometri sambil memberikan pengalaman yang menarik dan interaktif. Keberhasilannya disebabkan oleh desainnya yang interaktif dan mampu menarik perhatian siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kartu TrigonoMatch memiliki dampak positif pada pembelajaran matematika dengan menyediakan alat yang inovatif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan minat siswa terhadap matematika, khususnya trigonometri.

Article Details

How to Cite
PENGEMBANGAN MEDIA TRIGONOMATCH CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI SISWA PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI. (2025). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 66–76. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.66-76

References

    Agustirai, S., & Rina, R. (2024). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tingkat SD. MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), 126–135.
    Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.
    Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
    Aprilianti, D. A., Muzani, M., & Setianingsih, A. I. (2023). Pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar kogntif siswa. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial, 2(02), 139. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i2.25299
    Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
    Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating learning mathematics through the use of instructional media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785
    Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747–752. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1059
    Dewi, N. P., & Ananda, F. F. (2023). Pengembangan alat peraga “TRIGOPOLI”: trigonometri putar roda dan tali. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 46–54. https://doi.org/10.56916/jp.v2i2.608
    Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549
    Gunadi, F. (2018). M a T H L I N E Efektivitas penggunaan media kartu domino untuk mencapai target hasil belajar trigonometri the effevtiveness of domino card media to achieve trigonometry learning target result. 3(1), 89–100.
    Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. In Refika Aditama. Bandung: Refika Aditama.
    Herawati, E. (2017). Belajar siswa menggunakan media pembelelajaran kartu domino matematika. 1(1), 66–87.
    Ikhsan, M. (2019). Identifikasi pemanfaatan media pembelajaran biologi dan korelasinya dengan disposisi berpikir kritis siswa di SMA Negeri 2 Labuapi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 362–366. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.999
    Kadir. Abdul. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–71.
    Lisnawati, D., & Kristin, F. (2024). Pengembangan media pembelajaran Kirandalam ( Kincir kerajaan Hindu , Budha dan Islam ) untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. 30(2), 163–172. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i2.8188
    Miksalmina. (2013). Penguasaan siswa pada materi trigonometri di man darussalam aceh besar. Visipena Journal, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.215
    Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
    Nindarti, N., Suherman, S., & Anwar, S. (2018). Meningkatkan konsep trigonometri berbasis nilai keislaman melalui buku saku. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), 291–300. https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.115
    Nur Islamiati, & Nasruddin. (2020). Disposisi matematis siswa pada penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.241
    Nurhayati, N. (2017). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kontekstual melalui metode guided discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 31. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.31-44
    Nurhikmayati, I., & Kania, N. (2021). Pelatihan media pembelajaran Sparkol Videoscribe bagi guru matematika SMP/MTs di era new normal. Indonesian Journal Of …, 2666, 362–370.
    Pendidikan, R. (2024). Data hasil rapor pendidikan satuan pendidikan.
    Puspendik, K. (2019). Laporan hasil ujian nasional.
    Putra, G. L., Ginting, K. B., Pasangka, I. G., & Guntur, R. D. (2022). Penggunaan permainan matematika untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa SMP Negeri 17 Kupang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 16(2), 29–35. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v16i2.9543
    Putra, Z. R. A., & Qohar, A. (2023). Pengembangan trigonomatchtri sebagai media pembelajaran pada materi trigonometri SMA. Journal.Umg.Ac.Id, 29(1), 1–8. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.4747
    Rosdiana, L., & F, A. N. M. (2017). Respon guru dalam pendampingan pembuatan media permainan. Jurnal ABDI, 2(2), 83. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p83-86
    Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil belajar mahasiswa: analisis butir soal tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15–27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432
    Saputra, P. R. (2014). Kecemasan matematika dan cara menguranginya. Pythagoras, 3(2), 75–84.
    Setiawan, A. (2024). Mengatasi kecemasan siswa dalam belajar matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 7(1), 28–36. https://doi.org/10.35141/jie.v7i1.1020
    Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan kartu Domano (domino matematika trigono) sebagai media pembelajaran pada matakuliah trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75
    Susanti, E., & Kumawati, S. (2020). Learning with Mak Karjo media to increase student motivation for learning materials trigonometry high school students. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 537–541. https://doi.org/10.14421/icse.v3.558
    Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2016). Penggunaan media papan permainan untuk. 2, 1–7.
    Wijayanti, N. W. (2021). Implementasi permainan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar implementation of games in mathematics learning in elementary school. Cendekiawan, 3(1), 59–64.
    Wulandari, R., Zufriady, & Hermitha, N. (2022). Pengembangan media pembelajaran tari berwawasan peduli lingkungan di sekolah dasar development of environmental care-based dance learning media in elementary schools article histo. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 361–375.
    Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game based learning matematika dengan metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615–630. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1946