Main Article Content
Abstract
Trigonometri sering dianggap sulit oleh siswa karena konsepnya yang kompleks dan metode pengajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Kartu TrigonoMatch sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan disposisi matematis pada pembelajaran trigonometri. Diharapkan bahwa media ini akan dapat diandalkan dan berguna untuk pembelajaran trigonometri di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metodologi ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) bersama dengan pendekatan R&D, yang difokuskan pada tahap pengembangan. Lembar validasi dan kuesioner kepraktisan digunakan sebagai instrumen penelitian. Validitas dihitung menggunakan rumus , sedangkan kepraktisan diukur dengan . Hasil dalam rentang 80%-100% dianggap "sangat valid" atau "sangat praktis." Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kartu TrigonoMatch "sangat valid," dengan skor 95,71% dari ahli media dan 83,7% dari ahli materi. Uji kepraktisan menghasilkan 91,67% dari guru dan 81,6% dari siswa, yang dinilai "Sangat Praktis." Media ini meningkatkan motivasi, minat, dan pemahaman siswa terhadap trigonometri sambil memberikan pengalaman yang menarik dan interaktif. Keberhasilannya disebabkan oleh desainnya yang interaktif dan mampu menarik perhatian siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kartu TrigonoMatch memiliki dampak positif pada pembelajaran matematika dengan menyediakan alat yang inovatif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan minat siswa terhadap matematika, khususnya trigonometri.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Dadan Ramadhan, Iik Nurhikmayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustirai, S., & Rina, R. (2024). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tingkat SD. MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), 126–135.
- Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.
- Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
- Aprilianti, D. A., Muzani, M., & Setianingsih, A. I. (2023). Pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar kogntif siswa. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial, 2(02), 139. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i2.25299
- Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
- Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating learning mathematics through the use of instructional media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785
- Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747–752. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1059
- Dewi, N. P., & Ananda, F. F. (2023). Pengembangan alat peraga “TRIGOPOLI”: trigonometri putar roda dan tali. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 46–54. https://doi.org/10.56916/jp.v2i2.608
- Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549
- Gunadi, F. (2018). M a T H L I N E Efektivitas penggunaan media kartu domino untuk mencapai target hasil belajar trigonometri the effevtiveness of domino card media to achieve trigonometry learning target result. 3(1), 89–100.
- Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. In Refika Aditama. Bandung: Refika Aditama.
- Herawati, E. (2017). Belajar siswa menggunakan media pembelelajaran kartu domino matematika. 1(1), 66–87.
- Ikhsan, M. (2019). Identifikasi pemanfaatan media pembelajaran biologi dan korelasinya dengan disposisi berpikir kritis siswa di SMA Negeri 2 Labuapi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 362–366. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.999
- Kadir. Abdul. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–71.
- Lisnawati, D., & Kristin, F. (2024). Pengembangan media pembelajaran Kirandalam ( Kincir kerajaan Hindu , Budha dan Islam ) untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. 30(2), 163–172. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i2.8188
- Miksalmina. (2013). Penguasaan siswa pada materi trigonometri di man darussalam aceh besar. Visipena Journal, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.215
- Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
- Nindarti, N., Suherman, S., & Anwar, S. (2018). Meningkatkan konsep trigonometri berbasis nilai keislaman melalui buku saku. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), 291–300. https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.115
- Nur Islamiati, & Nasruddin. (2020). Disposisi matematis siswa pada penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.241
- Nurhayati, N. (2017). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kontekstual melalui metode guided discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 31. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.31-44
- Nurhikmayati, I., & Kania, N. (2021). Pelatihan media pembelajaran Sparkol Videoscribe bagi guru matematika SMP/MTs di era new normal. Indonesian Journal Of …, 2666, 362–370.
- Pendidikan, R. (2024). Data hasil rapor pendidikan satuan pendidikan.
- Puspendik, K. (2019). Laporan hasil ujian nasional.
- Putra, G. L., Ginting, K. B., Pasangka, I. G., & Guntur, R. D. (2022). Penggunaan permainan matematika untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa SMP Negeri 17 Kupang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 16(2), 29–35. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v16i2.9543
- Putra, Z. R. A., & Qohar, A. (2023). Pengembangan trigonomatchtri sebagai media pembelajaran pada materi trigonometri SMA. Journal.Umg.Ac.Id, 29(1), 1–8. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.4747
- Rosdiana, L., & F, A. N. M. (2017). Respon guru dalam pendampingan pembuatan media permainan. Jurnal ABDI, 2(2), 83. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p83-86
- Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil belajar mahasiswa: analisis butir soal tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15–27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432
- Saputra, P. R. (2014). Kecemasan matematika dan cara menguranginya. Pythagoras, 3(2), 75–84.
- Setiawan, A. (2024). Mengatasi kecemasan siswa dalam belajar matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 7(1), 28–36. https://doi.org/10.35141/jie.v7i1.1020
- Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan kartu Domano (domino matematika trigono) sebagai media pembelajaran pada matakuliah trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75
- Susanti, E., & Kumawati, S. (2020). Learning with Mak Karjo media to increase student motivation for learning materials trigonometry high school students. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 537–541. https://doi.org/10.14421/icse.v3.558
- Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2016). Penggunaan media papan permainan untuk. 2, 1–7.
- Wijayanti, N. W. (2021). Implementasi permainan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar implementation of games in mathematics learning in elementary school. Cendekiawan, 3(1), 59–64.
- Wulandari, R., Zufriady, & Hermitha, N. (2022). Pengembangan media pembelajaran tari berwawasan peduli lingkungan di sekolah dasar development of environmental care-based dance learning media in elementary schools article histo. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 361–375.
- Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game based learning matematika dengan metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615–630. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1946
References
Agustirai, S., & Rina, R. (2024). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tingkat SD. MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), 126–135.
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Aprilianti, D. A., Muzani, M., & Setianingsih, A. I. (2023). Pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar kogntif siswa. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial, 2(02), 139. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i2.25299
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating learning mathematics through the use of instructional media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785
Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747–752. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1059
Dewi, N. P., & Ananda, F. F. (2023). Pengembangan alat peraga “TRIGOPOLI”: trigonometri putar roda dan tali. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 46–54. https://doi.org/10.56916/jp.v2i2.608
Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549
Gunadi, F. (2018). M a T H L I N E Efektivitas penggunaan media kartu domino untuk mencapai target hasil belajar trigonometri the effevtiveness of domino card media to achieve trigonometry learning target result. 3(1), 89–100.
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. In Refika Aditama. Bandung: Refika Aditama.
Herawati, E. (2017). Belajar siswa menggunakan media pembelelajaran kartu domino matematika. 1(1), 66–87.
Ikhsan, M. (2019). Identifikasi pemanfaatan media pembelajaran biologi dan korelasinya dengan disposisi berpikir kritis siswa di SMA Negeri 2 Labuapi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 362–366. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.999
Kadir. Abdul. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–71.
Lisnawati, D., & Kristin, F. (2024). Pengembangan media pembelajaran Kirandalam ( Kincir kerajaan Hindu , Budha dan Islam ) untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. 30(2), 163–172. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i2.8188
Miksalmina. (2013). Penguasaan siswa pada materi trigonometri di man darussalam aceh besar. Visipena Journal, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.215
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nindarti, N., Suherman, S., & Anwar, S. (2018). Meningkatkan konsep trigonometri berbasis nilai keislaman melalui buku saku. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), 291–300. https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.115
Nur Islamiati, & Nasruddin. (2020). Disposisi matematis siswa pada penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.241
Nurhayati, N. (2017). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kontekstual melalui metode guided discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 31. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.31-44
Nurhikmayati, I., & Kania, N. (2021). Pelatihan media pembelajaran Sparkol Videoscribe bagi guru matematika SMP/MTs di era new normal. Indonesian Journal Of …, 2666, 362–370.
Pendidikan, R. (2024). Data hasil rapor pendidikan satuan pendidikan.
Puspendik, K. (2019). Laporan hasil ujian nasional.
Putra, G. L., Ginting, K. B., Pasangka, I. G., & Guntur, R. D. (2022). Penggunaan permainan matematika untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa SMP Negeri 17 Kupang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 16(2), 29–35. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v16i2.9543
Putra, Z. R. A., & Qohar, A. (2023). Pengembangan trigonomatchtri sebagai media pembelajaran pada materi trigonometri SMA. Journal.Umg.Ac.Id, 29(1), 1–8. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.4747
Rosdiana, L., & F, A. N. M. (2017). Respon guru dalam pendampingan pembuatan media permainan. Jurnal ABDI, 2(2), 83. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p83-86
Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil belajar mahasiswa: analisis butir soal tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15–27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432
Saputra, P. R. (2014). Kecemasan matematika dan cara menguranginya. Pythagoras, 3(2), 75–84.
Setiawan, A. (2024). Mengatasi kecemasan siswa dalam belajar matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 7(1), 28–36. https://doi.org/10.35141/jie.v7i1.1020
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan kartu Domano (domino matematika trigono) sebagai media pembelajaran pada matakuliah trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75
Susanti, E., & Kumawati, S. (2020). Learning with Mak Karjo media to increase student motivation for learning materials trigonometry high school students. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 537–541. https://doi.org/10.14421/icse.v3.558
Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2016). Penggunaan media papan permainan untuk. 2, 1–7.
Wijayanti, N. W. (2021). Implementasi permainan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar implementation of games in mathematics learning in elementary school. Cendekiawan, 3(1), 59–64.
Wulandari, R., Zufriady, & Hermitha, N. (2022). Pengembangan media pembelajaran tari berwawasan peduli lingkungan di sekolah dasar development of environmental care-based dance learning media in elementary schools article histo. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 361–375.
Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game based learning matematika dengan metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615–630. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1946