Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana GeoGebra efektif dalam mendukung pemahaman siswa SMP terhadap konsep bangun ruang. Desain penelitian yang diterapkan adalah kuasi-eksperimen dengan metode pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII di SMPN 5 Anggeraja, dengan data yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep dan angket persepsi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap bangun ruang. Selain itu, siswa memberikan tanggapan positif terhadap GeoGebra karena fitur visualisasinya yang interaktif dan kemampuannya untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan GeoGebra sebagai media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian konsep-konsep abstrak secara konkret dalam pembelajaran matematika.

Keywords

Geogebra bangun ruang pembelajaran matematika efektivitas visualisasi

Article Details

How to Cite
Nurhalisa, S., Sirwanti, S., & Paronda, N. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GEOGEBRA UNTUK MEMBANTU SISWA SMP MEMAHAMI KONSEP BANGUN RUANG. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 138–144. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.138-144

References

  1. Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic literature review: Efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
  2. Fauzan, R. (2021). Penerapan teknologi dalam pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 17(2), 34–41.
  3. Haryanto, D. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 25–37.
  4. Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2007). Dynamic mathematics with geogebra. Journal of Online Mathematics and Its Applications, 7.
  5. Hohenwarter, M., & Lavicza, Z. (2007). Mathematics teacher development with ICT: Towards an International geogebra Institute. The Journal of Online Mathematics and Its Applications, 7.
  6. Jabnabillah, F., & Reza Fahlevi, M. (2023). Efektivitas penggunaan aplikasi geogebra pada pembelajaran matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 983–990. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.15262
  7. Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
  8. Rusdi, M. (2021). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Alfabeta.
  9. Widodo, A., & Wahyudi, I. (2018). Pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal EduMat, 10(3), 15-27.
  10. Zulfitri, A., Sari, D., & Ramadhan, B. (2020). Pengaruh penggunaan geogebra terhadap pemahaman konsep geometri siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 45–56.
  11. Zulkardi, & Rahmadi, I. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan geogebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 89-100.