Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana GeoGebra efektif dalam mendukung pemahaman siswa SMP terhadap konsep bangun ruang. Desain penelitian yang diterapkan adalah kuasi-eksperimen dengan metode pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII di SMPN 5 Anggeraja, dengan data yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep dan angket persepsi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap bangun ruang. Selain itu, siswa memberikan tanggapan positif terhadap GeoGebra karena fitur visualisasinya yang interaktif dan kemampuannya untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan GeoGebra sebagai media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian konsep-konsep abstrak secara konkret dalam pembelajaran matematika.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Sitti Nurhalisa, Sirwanti Sirwanti, Naimah Paronda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic literature review: Efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
- Fauzan, R. (2021). Penerapan teknologi dalam pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 17(2), 34–41.
- Haryanto, D. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 25–37.
- Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2007). Dynamic mathematics with geogebra. Journal of Online Mathematics and Its Applications, 7.
- Hohenwarter, M., & Lavicza, Z. (2007). Mathematics teacher development with ICT: Towards an International geogebra Institute. The Journal of Online Mathematics and Its Applications, 7.
- Jabnabillah, F., & Reza Fahlevi, M. (2023). Efektivitas penggunaan aplikasi geogebra pada pembelajaran matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 983–990. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.15262
- Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
- Rusdi, M. (2021). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Alfabeta.
- Widodo, A., & Wahyudi, I. (2018). Pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal EduMat, 10(3), 15-27.
- Zulfitri, A., Sari, D., & Ramadhan, B. (2020). Pengaruh penggunaan geogebra terhadap pemahaman konsep geometri siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 45–56.
- Zulkardi, & Rahmadi, I. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan geogebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 89-100.
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic literature review: Efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Fauzan, R. (2021). Penerapan teknologi dalam pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 17(2), 34–41.
Haryanto, D. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 25–37.
Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2007). Dynamic mathematics with geogebra. Journal of Online Mathematics and Its Applications, 7.
Hohenwarter, M., & Lavicza, Z. (2007). Mathematics teacher development with ICT: Towards an International geogebra Institute. The Journal of Online Mathematics and Its Applications, 7.
Jabnabillah, F., & Reza Fahlevi, M. (2023). Efektivitas penggunaan aplikasi geogebra pada pembelajaran matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 983–990. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.15262
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
Rusdi, M. (2021). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Alfabeta.
Widodo, A., & Wahyudi, I. (2018). Pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal EduMat, 10(3), 15-27.
Zulfitri, A., Sari, D., & Ramadhan, B. (2020). Pengaruh penggunaan geogebra terhadap pemahaman konsep geometri siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 45–56.
Zulkardi, & Rahmadi, I. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan geogebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 89-100.