Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas belajar siswa, respon belajar sisiwa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan Geogebra di kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan PTK dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII A SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 13 siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian adalah aktivitas siswa dikatakan aktif jika kriteria penilaian berada pada kriteria baik pada lembar observasi aktivitas siswa memenuhi interval 24 ? x ? 30. Siswa dikatakan merespon positif jika hasil angket respon siswa berada pada interval 26 ? x ? 40. Hasil belajar dikatakan tuntas jika siswa mendapatkan nilai ? 70. Sedangkan  ketuntasan belajar klasikal tercapai apabila  ? 80% siswa tuntas belajar. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan Geogebra di kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu meningkatkan aktivitas siswa dengan cara membentuk kelompok belajar, memberikan LKS yang berorientasi dengan metode penemuan terbimbing. Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I, II, III berturut-turut adalah 22,86; 25,75; 28. (2) Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan Geogebra di kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu meningkatkan respon siswa dengan cara memberikan motivasi agar bersungguh-sungguh dalam belajar, menggunakan media pembelajaran seperti Geogebra. Rata-rata skor angket respon siswa pada siklus I, II, III berturut-turut adalah 30,85; 33,69; 35,69 (3) Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan Geogebra di kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara membimbing secara individu pada siswa yang kesulitan dalam belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, II, III berturut-turut adalah 59,23; 76,23; 76,53 dengan ketuntasan belajar pada siklus I, II, III berturut-turut adalah 46,15%, 76,92%, 84,62%. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan Geogebra dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, respon belajar siswa, serta hasil belajar siswa.

Keywords

aktivitas hasil belajar metode penemuan terbimbing

Article Details

How to Cite
Adikasuma, A., S, M. F., & Rahimah, D. (2018). PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP IT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(2), 122–128. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.2.122-128