Main Article Content
Abstract
Pemahaman konsep matematika menjadi salah satu hal yang penting dan mendasar dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang baik akan mempengaruhi tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Kelas VII SMP Tamansiswa Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Tamansiswa Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan wawancara. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemahaman kosep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 7,14%, kategori tinggi sebesar 21,43%, kategori cukup sebesar 7,14% dan kategori sangat rendah sebesar 64,29%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada indikator pertama sebesar 39,29% termasuk dalam kriteria sangat rendah, indikator kedua sebesar 33,93% termasuk dalam kriteria sangat rendah, indikator ketiga sebesar 44,64% termasuk dalam kriteria rendah, indikator keempat sebesar 28,57% termasuk dalam kriteria sangat rendah dan indikator kelima sebesar 32,14% termasuk dalam kriteria sangat rendah. Pemahaman konsep siswa pada setiap indikator masih rendah, sehingga perlu perhatian lebih dari guru untuk konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel bisa dipahami siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Boas Boas, Mulia Suryani, Alfi Yunita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
- Febriyanto, B., Haryanti, D. Y., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas ii sekolah dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
- Fitriani, I., & Mahmudah, W. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar. Journal on Education, 06(04), 20276–20284. http://jonedu.org/index.php/joe
- Halawa, R. P. (2024). Analisis pemahaman konsep matematika siswa pada materi teorema phytagoras ditinjau dari motivasi belajar kelas viii smp negeri 1 lolofitu moi. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 26–40. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore
- Irwanto, A., Jufri, L. H., & Yunita, A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematis pada materi persamaan garis lurus siswa kelas viii smp negeri 23 padang. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS)), 9(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4343
- Jati, H. S., & Soebagyo, J. (2023). The influence of self-confidence on the mathematical reasoning ability of junior high school students. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v7i1.7321
- Mardiyah, A., Muslim, A. P., & Syari, E. D. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pelangi, 10(1). https://doi.org/10.22202/jp.2017.v10i1.2413
- Marleni, L., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2024). sikap ilmiah mahasiswa dalam melakukan penelitian: investigasi pada tugas akhir. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.814
- Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122
- Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
- Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji validitas pengembangan tes untul mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas viii smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
- Saputri, I. F., Machmud, T., & Damayanti, T. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi bilangan bulat. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8, 179–187. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4417
- Sudane, I. W. (2023). Deskripsi Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi hitung aljabar. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 40–50. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.418
- Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
- Suryani, M., Heriyanti Jufri, L., & Tika Artia Putri. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
- Wahyudi, G. (2024). Analisis pemahaman konsep matemtika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar siswa di smp negeri 5 sinjai 1. Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 13–2. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca
References
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Febriyanto, B., Haryanti, D. Y., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas ii sekolah dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Fitriani, I., & Mahmudah, W. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar. Journal on Education, 06(04), 20276–20284. http://jonedu.org/index.php/joe
Halawa, R. P. (2024). Analisis pemahaman konsep matematika siswa pada materi teorema phytagoras ditinjau dari motivasi belajar kelas viii smp negeri 1 lolofitu moi. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 26–40. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore
Irwanto, A., Jufri, L. H., & Yunita, A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematis pada materi persamaan garis lurus siswa kelas viii smp negeri 23 padang. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS)), 9(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4343
Jati, H. S., & Soebagyo, J. (2023). The influence of self-confidence on the mathematical reasoning ability of junior high school students. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v7i1.7321
Mardiyah, A., Muslim, A. P., & Syari, E. D. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pelangi, 10(1). https://doi.org/10.22202/jp.2017.v10i1.2413
Marleni, L., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2024). sikap ilmiah mahasiswa dalam melakukan penelitian: investigasi pada tugas akhir. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.814
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122
Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji validitas pengembangan tes untul mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas viii smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Saputri, I. F., Machmud, T., & Damayanti, T. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi bilangan bulat. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8, 179–187. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4417
Sudane, I. W. (2023). Deskripsi Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi hitung aljabar. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 40–50. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.418
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
Suryani, M., Heriyanti Jufri, L., & Tika Artia Putri. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Wahyudi, G. (2024). Analisis pemahaman konsep matemtika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar siswa di smp negeri 5 sinjai 1. Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 13–2. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca