Main Article Content

Abstract

Pemahaman konsep matematika menjadi salah satu hal yang penting dan mendasar dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang baik akan mempengaruhi tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Kelas VII SMP Tamansiswa Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Tamansiswa Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan wawancara. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemahaman kosep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 7,14%, kategori tinggi sebesar 21,43%, kategori cukup sebesar 7,14% dan kategori sangat rendah sebesar 64,29%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada indikator pertama sebesar 39,29% termasuk dalam kriteria sangat rendah, indikator kedua sebesar 33,93% termasuk dalam kriteria sangat rendah, indikator ketiga sebesar 44,64% termasuk dalam kriteria rendah, indikator keempat sebesar 28,57% termasuk dalam kriteria sangat rendah dan indikator kelima sebesar 32,14% termasuk dalam kriteria sangat rendah. Pemahaman konsep siswa pada setiap indikator masih rendah, sehingga perlu perhatian lebih dari guru untuk  konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel bisa dipahami siswa.

Article Details

How to Cite
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL . (2025). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 77–87. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.77-87

References

    Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
    Febriyanto, B., Haryanti, D. Y., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas ii sekolah dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
    Fitriani, I., & Mahmudah, W. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar. Journal on Education, 06(04), 20276–20284. http://jonedu.org/index.php/joe
    Halawa, R. P. (2024). Analisis pemahaman konsep matematika siswa pada materi teorema phytagoras ditinjau dari motivasi belajar kelas viii smp negeri 1 lolofitu moi. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 26–40. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore
    Irwanto, A., Jufri, L. H., & Yunita, A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematis pada materi persamaan garis lurus siswa kelas viii smp negeri 23 padang. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS)), 9(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4343
    Jati, H. S., & Soebagyo, J. (2023). The influence of self-confidence on the mathematical reasoning ability of junior high school students. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v7i1.7321
    Mardiyah, A., Muslim, A. P., & Syari, E. D. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pelangi, 10(1). https://doi.org/10.22202/jp.2017.v10i1.2413
    Marleni, L., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2024). sikap ilmiah mahasiswa dalam melakukan penelitian: investigasi pada tugas akhir. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.814
    Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122
    Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
    Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji validitas pengembangan tes untul mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas viii smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
    Saputri, I. F., Machmud, T., & Damayanti, T. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi bilangan bulat. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8, 179–187. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4417
    Sudane, I. W. (2023). Deskripsi Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi hitung aljabar. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 40–50. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.418
    Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
    Suryani, M., Heriyanti Jufri, L., & Tika Artia Putri. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
    Wahyudi, G. (2024). Analisis pemahaman konsep matemtika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar siswa di smp negeri 5 sinjai 1. Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 13–2. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca