Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa SMA kelas XII di kota Bengkulu pada mata pelajaran Matematika materi Peluang. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan kerjasama kelompok. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan pre-test dan post-test. Untuk kelompok eksperimen yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), rata-rata skor pre-test sebelum pembelajaran adalah 62,5, sementara rata-rata skor post-test setelah pembelajaran meningkat menjadi 85,3. Selisih ini menunjukkan peningkatan sebesar 22,8 poin, yang merupakan indikasi positif bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berkontribusi signifikan terhadap pemahaman materi Peluang oleh siswa SMA. Pada kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, peningkatan hasil belajar juga terlihat, namun dengan selisih yang lebih kecil, yaitu dari rata-rata skor pre-test 63,0 menjadi 74,2 pada post-test, dengan peningkatan sebesar 11,2 poin. Hal ini menunjukkan bahwa Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep-konsep matematis di kalangan siswa.

Keywords

Cooperative Integrated Reading and Composition Hasil Belajar Peluang

Article Details

How to Cite
Selviani, D., Yul, F. A., Siska, J., & Maryaningsih, M. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 88–94. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.88-94

References

  1. Fitri, A., & Abadi, A. M. (2021). Kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika pada materi peluang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 96–105.
  2. Kristiawat, Ramdani, R. (2019). Meningkatkan hasil belajar mata kuliah matematika diskrit melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a matchpada mahasiswa jurusan pendidikan matematika fkip unismuh makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1–9.
  3. Reinita, Jannah, M. (2023). The effect of circmodelon student learning outcomes for elementaryschool. Cakrawala Pendas, 9(3), 488–495.
  4. Septiawan, R., Susanta, A., Agustinsa, R., Stiadi, E., & Utari, T. 2024. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas viii smp negeri 18 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3): 374–84.
  5. Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Allyn &Bacon.
  6. Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
  7. Supriyadi, D., & Yulianto, E. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(3), 150-160.
  8. Suryani, M. (2021). Strategi pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 135-145.
  9. Yusuf, M., & Santosa, B. (2022). Pengaruh model pembelajaran circ terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 55-64.