Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gender. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa kata-kata, teks-tulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI SMAN  2 Kupang, Subjek penelitian yang diambil siswa/i  kelas XI IPA 2 & IPA 3 sedangkan objek dalam penelitian adalah Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gender. Istrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan kategori kemampuan komunikasi tinggi, subjek perempuan mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu written text, drawing, dan mathematical expression. Sedangkan subjek laki-laki dengan kemampuan tinggi hanya mampu pada indikator written text dan drawing, subjek laki-laki tidak mampu pada indikator mathematical expression. Selanjutnya kemampuan komunikasi matematis pada kategori sedang, subjek laki-laki dan perempuan hanya mampu pada indikator written text dan drawing, subjek laki-laki dan perempuan tidak mampu pada indikator mathematical expression. Kemudian pada kategori rendah, subjek laki-laki tidak dapat memenuhi pada semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Sedangkan subjek perempuan dapat memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu pada indikator written text.

Keywords

Gender Communication Skills Mathematics

Article Details

How to Cite
Ralmugiz, U., Zulfikar, R. N., Mbay, H. H., & Syarief, N. H. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GENDER . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 44–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.44-55

References

  1. Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
  2. Aini, K. N. (2017). Proses berpikir mahasiswa laki-laki dan perempuan dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah. Inspiramatika, 3(1), 16–23. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/166
  3. Firman, Alimuddin, & Djam’an, N. (2017). Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi ditinjau dari perbedaan gender. Issues in Mathematics Education, 1(1), 60–67.
  4. Hakim, H., Daulay, L. A., & Listari, M. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditiinjau dari gender siswa. Farabi, 04(01), 18–23. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.79
  5. Haniyah, D., & Soebagyo, J. (2021). Analisis bibliometrik terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika berdasarkan perbedaan gender berbasis vosviewer. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3966
  6. Hidayatuloh, A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segiempat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 213–220. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2233
  7. Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770
  8. La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
  9. Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The influence of mathematical communication on students’ mathematics performance and anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5), 378–382. https://doi.org/10.12691/education-4-5-3
  10. Machmuda, R., Edy, S., & Suryanti, S. (2024). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 883–892. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.984
  11. Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan perbedaan gender. Edumatica, 09(01), 1–7.
  12. Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Edukasi, 05(01), 77–86. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116
  13. Saidah, & Mardiani, D. (2021). Kesulitan siswa smp terhadap soal komunikasi matematis pada materi penyajian data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 531–540. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.960
  14. Taqwa, M., & Sutrisno, A. B. (2019). Deskripsi kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan gender. Jurnal Gantang, 4(2), 169–176. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1336
  15. Tierney, H. (1999). Women’s Studies Encyclopedia (H. Tierney (Ed.); direvisi). Greenwood Press.
  16. Tiumlafu, N., Babys, U., & Bien, Y. I. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.1-10