Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar dan melihat respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan soal open ended. Penelitian ini merupakan tindakan penelitian terhadap suatu  Kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui, tes hasil belajar dan serta angket respon siswa. Subjek dalam penelitian adalah Kelas VIII.8 SMP N 18 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 34 siswa.. Peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 77,5; 82,2; 84,0 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 67,6%; 91,2%; 82,4%. Respon peserta didik ditingkatkan dengan membimbing mengerjakan soal open ended agar lebih tertarik dan antusias dalam belajar, serta memotivasi untuk membiasakan diri belajar dirumah. Peningkatan respon dilihat dari skor rata-rata respon peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 22,62 (rendah); 33,94 (cukup tinggi); 41,71 (sangat tinggi).

Article Details

How to Cite
Agustina, D., Rahimah, D., & Maizora, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN SOAL OPEN ENDED MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(2), 129–136. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.2.129-136