Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model MASTER (mind, acquire the facts, search out the meaning, trigger the memory, exhibit what you know, reflect) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. . Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPS C sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 33 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran MASTER dan XI IPS D sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 2,421 dengan taraf nyata (?) = 5% dan dk = 63 menghasilkan ttabel yaitu 1,669 jadi thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, MASTER (mind, acquire the facts, search out the meaning, trigger the memory, exhibit what you know, reflect)Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- .................................. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
- B.Uno,Hamzah.2007.Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.Jakarta:Sinar Grafika Offset.
- Prastowo, Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press.
- Rose, Colin dan Malcolm J. Nichool.2002. Accelerated Learning. Bandung:Nuansa
- Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
- Sudjana,Nana.2002.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru Algesindo.
- Suherman Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA.UPI.
- Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
.................................. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
B.Uno,Hamzah.2007.Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.Jakarta:Sinar Grafika Offset.
Prastowo, Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press.
Rose, Colin dan Malcolm J. Nichool.2002. Accelerated Learning. Bandung:Nuansa
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana,Nana.2002.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru Algesindo.
Suherman Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA.UPI.
Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada