Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 16 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual dan VII C sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 15 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran ekspositori.

Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai  yaitu 2,53 dengan taraf nyata (?) = 5% dan  dk = 29 menghasilkan  yaitu 1,699, jadi , maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah.

Kata Kunci :  Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Media Audio-Visual, Pembelajaran Ekspositori

Keywords

pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual

Article Details

How to Cite
Putri, R. J., Muchlis, E. E., & Yensy. B., N. A. (2018). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK ANTARA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VII MTs NEGERI 2 BENGKULU TENGAH. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.2.157-165