Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan model pembejaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII SMPN 02 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel diambil menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 32 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 33 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji-U (Mann Whitney Test) diperoleh nilai  yaitu  dengan taraf nyata (?) = 5% dan , sehingga . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas VII SMP Negeri 02 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, TTW, STAD

Article Details

How to Cite
Sulastri, S., Herawaty, D., & Maulidiya, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(2), 178–184. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.2.178-184