Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan model pembejaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII SMPN 02 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel diambil menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 32 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 33 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji-U (Mann Whitney Test) diperoleh nilai yaitu dengan taraf nyata (?) = 5% dan , sehingga . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas VII SMP Negeri 02 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, TTW, STADArticle Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.