Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Barisan dan Deret Aritmetika di SMA Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 21 siswa kelas XI. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (soal uraian), observasi partisipatif, dan wawancara mendalam dengan guru dan siswa. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa penerapan PBL terbukti mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Peningkatan ini didukung data perolehan nilai siswa, di mana 12 dari 21 siswa (57,14%) mencapai ketuntasan belajar (lulus). Secara kualitatif, model PBL berhasil menciptakan pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, terbukti dari respon positif guru dan siswa yang menyatakan bahwa PBL merangsang pemahaman mendalam, kemampuan berpikir kritis, dan kolaborasi dalam memecahkan masalah nyata. Simpulannya, model PBL direkomendasikan sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matematika yang bersifat konseptual dan aplikatif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Salma Khairunnisa, Hasanuddin Hasanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anastasia Nandhita Asriningtyas, Firosalia Kristin, I. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jkpm, 5(April).
- Ariska, T. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Journal of Primary Education, 3(1), 36–42.
- Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(1), 77–87.
- Hmelo-silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning : What and How Do Students Learn ? 16(3), 235–266.
- Ibrahim, M. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Unesa Univ).
- Miftichatun Chanifah, Stefanus Christian Relmasira, A. T. A. H., & Program. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168.
- Mustaffa, N., Ismail, Z., Tasir, Z., & Nihra, M. (2016). The Impacts of Implementing Problem-Based Learning ( PBL ) in Mathematics : A Review of Literature. 6(12), 490–503. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v6-i12/2513
- Nugraheni, F. (2025). Analisis dan mitigasi risiko rantai pasok pada pekerjaan tanah timbunan proyek konstruksi jalan dengan metode fmea. Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), 2(6), 1078–1095.
- Putri, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. 14–25.
- Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (kencana).
- Walker, A., & Leary, H. (2009). A Problem Based Learning Meta Analysis : Differences Across Problem Types , Implementation Types , Disciplines , and Assessment Levels A Problem Based Learning Meta Analysis : Differences Across Problem Types ,. Journal of Problem Based Learning, 3(1), 3–24.
References
Anastasia Nandhita Asriningtyas, Firosalia Kristin, I. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jkpm, 5(April).
Ariska, T. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Journal of Primary Education, 3(1), 36–42.
Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(1), 77–87.
Hmelo-silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning : What and How Do Students Learn ? 16(3), 235–266.
Ibrahim, M. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Unesa Univ).
Miftichatun Chanifah, Stefanus Christian Relmasira, A. T. A. H., & Program. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168.
Mustaffa, N., Ismail, Z., Tasir, Z., & Nihra, M. (2016). The Impacts of Implementing Problem-Based Learning ( PBL ) in Mathematics : A Review of Literature. 6(12), 490–503. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v6-i12/2513
Nugraheni, F. (2025). Analisis dan mitigasi risiko rantai pasok pada pekerjaan tanah timbunan proyek konstruksi jalan dengan metode fmea. Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), 2(6), 1078–1095.
Putri, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. 14–25.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (kencana).
Walker, A., & Leary, H. (2009). A Problem Based Learning Meta Analysis : Differences Across Problem Types , Implementation Types , Disciplines , and Assessment Levels A Problem Based Learning Meta Analysis : Differences Across Problem Types ,. Journal of Problem Based Learning, 3(1), 3–24.