Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran 3CM (cool-critical-creative-meaningful). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan nonequivalent posttest-only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Qur’an Kariman dengan sampel kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah masing-masing 20 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes (posttest) yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kreatif matematis: kelancaran (fluency), keluwesan (flexsibility), keaslian (originality) dan keterincian (elabotarion). Hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa skor kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran 3CM memperoleh skor yang lebih tinggi secara signifikan dibanding pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Temuan ini memperkuat pandangan bahwa pembelajaran yang menyenangkan, reflektif dan menantang seperti 3CM mampu merangsang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Model pembelajaran 3CM ini dapat menjadi alternatif pembelajaran matematika di tingkat SMP/MTs.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Putri Aseha, Erdawati Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 779–784.
- Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimenta dalam pendidikan: literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
- Albab, U., & Indriati, B. D. (2021). Creative thinking process on high order thinking skills for junior high school students with cognitive style field independent. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 597, 268–274. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.037
- Apriansyah, D., & Ramdani, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematika siswa MTs pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.
- Aprioda, Utami, C., & Husna, N. (2024). Pengaruh model pembelajaran 3Cm (cool-critical-creative-meaningful) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas viii. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(3), 459–468. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.22222
- Elgrably, H., & Leikin, R. (2021). Creativity as a function of problem ‑ solving expertise : posing new problems through investigations. ZDM – Mathematics Education, 53(4), 891–904. https://doi.org/10.1007/s11858-021-01228-3
- Hasanah, M., & Haerudin. (2021). Analissi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi statistika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 233–243.
- Kadir, I. A., Machmud, T., & Usman, K. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
- Kamalia, N. A., Ruli, R. M., Studi, P., Matematika, P., & Karawang, U. S. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun datar. JES-MAT, 8(2), 117–132.
- Khuzaini, N., Ili, L., Sahidin, L., & Rumasoreng, M. I. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1328–1336. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1328-1336 Received:
- Larasanti, R., & Prihatnani, E. (2021). Pembelajaran daring dengan model kolaboratif 3CM dan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 271–282.
- Mahmudah, I., Masfingatin, T., & Puji, I. (2024). Kemampuan berpikir kreatif siswa smk dalam pemecahan dan pengajuan masalah open ended materi barisan dan deret. Absis: Mathematics Education Journal, 6(2), 74–83. https://doi.org/10.32585/absis.v6i2.5876
- Maryanti, T., Nuryadi, & Rahayu, R. P. D. (2024). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa smp kelas viii pada materi kesebangunan. Jurnal Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 4(1), 78–85.
- OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The state of learning and equity in education. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
- Rakhmawati, D., Husna, A., & Gusmania, Y. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP BP Tahfidz At- Taubah Batam Tahun pelajaran 2020/2021. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 213–224.
- Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177.
- Rindasari. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan soal materi teorema phytagoras pada siswa smp kelas viii. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 42–50.
- Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas model pembelajaran 3cm (cool-critical- creative-meaningfull) terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa smp. Mosharafa, 10(2), 213–224.
- Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
- Suherman, S. (2022). Assessment of mathematical creative thinking : A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44(101019). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019
- Syamsurijal, & Miftah, M. (2024). Pengembangan indikator pembelajaran aktif , inovatif , komunikatif , efektif , dan menyenangkan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 01(April), 95–106. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954
- Torrance, E. P. (1968). A longitudinal examination of the fourth grade slump in creativity. Gifted Child Quarterly, 12(4), 195–199. https://doi.org/10.1177/00169862680120040
- Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma kelas xi pada materi trigonometri ditinjau dari self confidence. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 383–394. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.383-394
- Wahyudi, Waluya, S. B., Suyitno, H., & Isnarto. (2019). Development of 3CM ( cool-critical-creative- meaningful ) learning model to increase creative thinking skill Development of 3CM ( cool-critical-creative-meaningful ) learning model to increase creative thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1321(022063). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022063
- Wardani, Y., & Suripah, S. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma berdasarkan kemampuan akademik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052.
- Yosafat, I., Manapa, H., & Buling, R. T. (2025). Efektivitas model pembelajaran 3cm dengan pendekatan deep learning pada hasil belaajr matematika peserta didik kelas v di uptd sd inpres moepali. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 11(2), 1616–1628.
References
Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 779–784.
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimenta dalam pendidikan: literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Albab, U., & Indriati, B. D. (2021). Creative thinking process on high order thinking skills for junior high school students with cognitive style field independent. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 597, 268–274. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.037
Apriansyah, D., & Ramdani, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematika siswa MTs pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.
Aprioda, Utami, C., & Husna, N. (2024). Pengaruh model pembelajaran 3Cm (cool-critical-creative-meaningful) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas viii. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(3), 459–468. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.22222
Elgrably, H., & Leikin, R. (2021). Creativity as a function of problem ‑ solving expertise : posing new problems through investigations. ZDM – Mathematics Education, 53(4), 891–904. https://doi.org/10.1007/s11858-021-01228-3
Hasanah, M., & Haerudin. (2021). Analissi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi statistika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 233–243.
Kadir, I. A., Machmud, T., & Usman, K. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Kamalia, N. A., Ruli, R. M., Studi, P., Matematika, P., & Karawang, U. S. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun datar. JES-MAT, 8(2), 117–132.
Khuzaini, N., Ili, L., Sahidin, L., & Rumasoreng, M. I. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1328–1336. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1328-1336 Received:
Larasanti, R., & Prihatnani, E. (2021). Pembelajaran daring dengan model kolaboratif 3CM dan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 271–282.
Mahmudah, I., Masfingatin, T., & Puji, I. (2024). Kemampuan berpikir kreatif siswa smk dalam pemecahan dan pengajuan masalah open ended materi barisan dan deret. Absis: Mathematics Education Journal, 6(2), 74–83. https://doi.org/10.32585/absis.v6i2.5876
Maryanti, T., Nuryadi, & Rahayu, R. P. D. (2024). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa smp kelas viii pada materi kesebangunan. Jurnal Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 4(1), 78–85.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The state of learning and equity in education. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Rakhmawati, D., Husna, A., & Gusmania, Y. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP BP Tahfidz At- Taubah Batam Tahun pelajaran 2020/2021. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 213–224.
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177.
Rindasari. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan soal materi teorema phytagoras pada siswa smp kelas viii. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 42–50.
Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas model pembelajaran 3cm (cool-critical- creative-meaningfull) terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa smp. Mosharafa, 10(2), 213–224.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suherman, S. (2022). Assessment of mathematical creative thinking : A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44(101019). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019
Syamsurijal, & Miftah, M. (2024). Pengembangan indikator pembelajaran aktif , inovatif , komunikatif , efektif , dan menyenangkan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 01(April), 95–106. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954
Torrance, E. P. (1968). A longitudinal examination of the fourth grade slump in creativity. Gifted Child Quarterly, 12(4), 195–199. https://doi.org/10.1177/00169862680120040
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma kelas xi pada materi trigonometri ditinjau dari self confidence. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 383–394. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.383-394
Wahyudi, Waluya, S. B., Suyitno, H., & Isnarto. (2019). Development of 3CM ( cool-critical-creative- meaningful ) learning model to increase creative thinking skill Development of 3CM ( cool-critical-creative-meaningful ) learning model to increase creative thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1321(022063). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022063
Wardani, Y., & Suripah, S. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma berdasarkan kemampuan akademik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052.
Yosafat, I., Manapa, H., & Buling, R. T. (2025). Efektivitas model pembelajaran 3cm dengan pendekatan deep learning pada hasil belaajr matematika peserta didik kelas v di uptd sd inpres moepali. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 11(2), 1616–1628.