Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran 3CM (cool-critical-creative-meaningful). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan nonequivalent posttest-only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Qur’an Kariman dengan sampel kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah masing-masing 20 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling jenuh.   Data dikumpulkan melalui observasi dan tes (posttest) yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kreatif matematis: kelancaran (fluency), keluwesan (flexsibility), keaslian (originality) dan keterincian (elabotarion). Hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa skor kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran 3CM memperoleh skor yang lebih tinggi secara signifikan dibanding pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Temuan ini memperkuat pandangan bahwa pembelajaran yang menyenangkan, reflektif dan menantang seperti 3CM mampu merangsang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Model pembelajaran 3CM ini dapat menjadi alternatif pembelajaran matematika di tingkat SMP/MTs.

Keywords

model pembelajaran 3CM (cool-critical-creative-meaninful) Kemampuan Berpikir Kreatif SPLDV

Article Details

How to Cite
Aseha, P., & Nurdin, E. (2025). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN 3CM (COOL-CRITICAL-CREATIVE-MEANINGFUL): SEBUAH STUDI EKSPERIMEN . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(3), 309–317. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.3.309-317

References

  1. Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 779–784.
  2. Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimenta dalam pendidikan: literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
  3. Albab, U., & Indriati, B. D. (2021). Creative thinking process on high order thinking skills for junior high school students with cognitive style field independent. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 597, 268–274. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.037
  4. Apriansyah, D., & Ramdani, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematika siswa MTs pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.
  5. Aprioda, Utami, C., & Husna, N. (2024). Pengaruh model pembelajaran 3Cm (cool-critical-creative-meaningful) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas viii. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(3), 459–468. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.22222
  6. Elgrably, H., & Leikin, R. (2021). Creativity as a function of problem ‑ solving expertise : posing new problems through investigations. ZDM – Mathematics Education, 53(4), 891–904. https://doi.org/10.1007/s11858-021-01228-3
  7. Hasanah, M., & Haerudin. (2021). Analissi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi statistika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 233–243.
  8. Kadir, I. A., Machmud, T., & Usman, K. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
  9. Kamalia, N. A., Ruli, R. M., Studi, P., Matematika, P., & Karawang, U. S. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun datar. JES-MAT, 8(2), 117–132.
  10. Khuzaini, N., Ili, L., Sahidin, L., & Rumasoreng, M. I. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1328–1336. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1328-1336 Received:
  11. Larasanti, R., & Prihatnani, E. (2021). Pembelajaran daring dengan model kolaboratif 3CM dan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 271–282.
  12. Mahmudah, I., Masfingatin, T., & Puji, I. (2024). Kemampuan berpikir kreatif siswa smk dalam pemecahan dan pengajuan masalah open ended materi barisan dan deret. Absis: Mathematics Education Journal, 6(2), 74–83. https://doi.org/10.32585/absis.v6i2.5876
  13. Maryanti, T., Nuryadi, & Rahayu, R. P. D. (2024). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa smp kelas viii pada materi kesebangunan. Jurnal Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 4(1), 78–85.
  14. OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The state of learning and equity in education. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
  15. Rakhmawati, D., Husna, A., & Gusmania, Y. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP BP Tahfidz At- Taubah Batam Tahun pelajaran 2020/2021. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 213–224.
  16. Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177.
  17. Rindasari. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan soal materi teorema phytagoras pada siswa smp kelas viii. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 42–50.
  18. Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas model pembelajaran 3cm (cool-critical- creative-meaningfull) terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa smp. Mosharafa, 10(2), 213–224.
  19. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
  20. Suherman, S. (2022). Assessment of mathematical creative thinking : A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44(101019). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019
  21. Syamsurijal, & Miftah, M. (2024). Pengembangan indikator pembelajaran aktif , inovatif , komunikatif , efektif , dan menyenangkan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 01(April), 95–106. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954
  22. Torrance, E. P. (1968). A longitudinal examination of the fourth grade slump in creativity. Gifted Child Quarterly, 12(4), 195–199. https://doi.org/10.1177/00169862680120040
  23. Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma kelas xi pada materi trigonometri ditinjau dari self confidence. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 383–394. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.383-394
  24. Wahyudi, Waluya, S. B., Suyitno, H., & Isnarto. (2019). Development of 3CM ( cool-critical-creative- meaningful ) learning model to increase creative thinking skill Development of 3CM ( cool-critical-creative-meaningful ) learning model to increase creative thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1321(022063). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022063
  25. Wardani, Y., & Suripah, S. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma berdasarkan kemampuan akademik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052.
  26. Yosafat, I., Manapa, H., & Buling, R. T. (2025). Efektivitas model pembelajaran 3cm dengan pendekatan deep learning pada hasil belaajr matematika peserta didik kelas v di uptd sd inpres moepali. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 11(2), 1616–1628.