Main Article Content
Abstract
Permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis di Indonesia menuntut adanya inovasi pembelajaran yang efektif dan mempertimbangkan faktor non-kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari aspek Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial. Populasi penelitian terdiri dari kelas X di SMAN 12 Pekanbaru. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, yaitu X.2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model PBL dan X.4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket Adversity Quotient. Analisis data menggunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan model PBL dan yang belajar secara konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tingkat Adversity Quotient tinggi, sedang, dan rendah dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Adversity Quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, penerapan model PBL dan pemahaman tentang AQ siswa dapat menjadi pertimbangan penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Caesari Qanita Supri, Depi Fitraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Apriliana, S., & Malasari, P. N. (2023). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa : Systematic Literatur Review. JUMAT: Jurnal Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.53491/jumat.v1i2.639
- Barambangi, J., & Arifin, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Majene. PEDAMATH : Journal on Pedagogical Mathematics, 5(2), 14–24.
- Bulut, D., Samur, Y., & Cömert, Z. (2022). The effect of educational game design process on students’ creativity. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00188-9
- Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2021). Hard Skill dan Soft Skill. PT Refika Aditama.
- Ma’arif, A., Syaiful, S., & Hasibuan, M. H. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 32–44. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15390
- Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. CV. IRDH.
- Nurlaeli, Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa ditinjau dari Adversity Quotient. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145–154.
- OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
- Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., & Afrilianto, M. (2022). Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734
- Rukmana, A. D., Nurdin, E., & Kurniati, A. (2021). Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Learning Cycle 7E Ditinjau dari Self Efficacy. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 41–50. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12400
- Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan (I. Fahmi (ed.); Cetakan ke I). PRENADAMEDIA GROUP.
- Safritriyanti, D. eka, Sumardi, H., Haji, S., & Zahara. (2023). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di smpn 1 lebong. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 148–158.
- Samandy, V., Anas, M., & Zamrun, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Biofiskim : Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 174–180.
- Suhandri, Marzuki, & Negara, H. R. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JARME: Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 3(1), 93–104. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2617
- Sumarti. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.26
- Ulhasna, N., & Suhandri. (2025). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning siswa 1,2. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 145–153.
- Yanda, okta N., Hartini, S., Agungbudiprabowo, & Siswanti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Adversity Quotient Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving. JPT: Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11885–11895.
References
Apriliana, S., & Malasari, P. N. (2023). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa : Systematic Literatur Review. JUMAT: Jurnal Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.53491/jumat.v1i2.639
Barambangi, J., & Arifin, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Majene. PEDAMATH : Journal on Pedagogical Mathematics, 5(2), 14–24.
Bulut, D., Samur, Y., & Cömert, Z. (2022). The effect of educational game design process on students’ creativity. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00188-9
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2021). Hard Skill dan Soft Skill. PT Refika Aditama.
Ma’arif, A., Syaiful, S., & Hasibuan, M. H. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 32–44. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15390
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. CV. IRDH.
Nurlaeli, Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa ditinjau dari Adversity Quotient. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145–154.
OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., & Afrilianto, M. (2022). Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734
Rukmana, A. D., Nurdin, E., & Kurniati, A. (2021). Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Learning Cycle 7E Ditinjau dari Self Efficacy. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 41–50. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12400
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan (I. Fahmi (ed.); Cetakan ke I). PRENADAMEDIA GROUP.
Safritriyanti, D. eka, Sumardi, H., Haji, S., & Zahara. (2023). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di smpn 1 lebong. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 148–158.
Samandy, V., Anas, M., & Zamrun, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Biofiskim : Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 174–180.
Suhandri, Marzuki, & Negara, H. R. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JARME: Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 3(1), 93–104. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2617
Sumarti. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.26
Ulhasna, N., & Suhandri. (2025). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning siswa 1,2. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 145–153.
Yanda, okta N., Hartini, S., Agungbudiprabowo, & Siswanti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Adversity Quotient Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving. JPT: Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11885–11895.