Main Article Content
Abstract
Rendahnya performa peserta didik pada asesmen nasional maupun internasional menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis masih perlu ditingkatkan melalui perangkat pembelajaran yang tepat. Sejalan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project-Based Learning (PjBL) guna memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMP/MTs. Pengembangan perangkat dilakukan melalui desain penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri atas peserta didik kelas VII.2 dan VII.3 SMP Al-Faruqi serta dua kelompok validator yang mencakup ahli materi dan ahli teknologi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria Sangat Valid dengan nilai indeks validitas 0,82, serta tergolong Sangat Praktis berdasarkan hasil uji coba, yaitu 89% pada kelompok kecil dan 91% pada kelompok besar. Selain itu, perangkat ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, ditunjukkan oleh perbedaan signifikan antara rerata nilai posttest kelompok eksperimen (71,79) dan kelompok kontrol (54,28). Dengan demikian, perangkat pembelajaran berbasis PjBL yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran matematika selaras dengan Kurikulum Merdeka.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Ferdiyanti Ferdiyanti, Ramon Muhandaz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ayu, D., Diah, et al. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 9(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4552
- Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2023). Analisis model Project Based Learning (PjBL) pada buku siswa tema 1 kelas V sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.126
- Fartina, et al. (2024). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kappa Journal, 8. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i3.28682
- Gumanti, Y., Roza, Y., & Murni, A. (2024). Pengembangan modul ajar dengan menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3001
- Hakiki, Fiqih Nur, et al. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6184
- Hasanah, U., & Siregar, L. N. K. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis keterampilan materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9. https://doi.org/10.29210/1202323008
- Hidayati Husna, R., & Pritasari, A. C. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Journal of Mathematics Learning Innovation, 3. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8978
- Khairani, D., et al. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8468
- Layyina, H., Nursyahadiyah, F., & Listyarini, I. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model Project Based Learningberbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608
- Juliansih, P., Hariyadi, B., & Anggereini, E. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning untuk pembelajaran IPA terintegrasi materi gambut. Jurnal BINOMIAL: Jurnal Pendidikan Biologi, 6. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1827
- Makatita, A. L. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa SMA Negeri 4 Ambon. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1289
- Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
- Samosir, K., & Simatupang, N. (2022). Analisis validitas dan praktikalitas terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah pada materi statistik. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1
- Sumanti, Vivi, et al. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM-PjBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6665
References
Ayu, D., Diah, et al. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 9(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4552
Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2023). Analisis model Project Based Learning (PjBL) pada buku siswa tema 1 kelas V sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.126
Fartina, et al. (2024). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kappa Journal, 8. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i3.28682
Gumanti, Y., Roza, Y., & Murni, A. (2024). Pengembangan modul ajar dengan menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3001
Hakiki, Fiqih Nur, et al. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6184
Hasanah, U., & Siregar, L. N. K. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis keterampilan materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9. https://doi.org/10.29210/1202323008
Hidayati Husna, R., & Pritasari, A. C. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Journal of Mathematics Learning Innovation, 3. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8978
Khairani, D., et al. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8468
Layyina, H., Nursyahadiyah, F., & Listyarini, I. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model Project Based Learningberbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608
Juliansih, P., Hariyadi, B., & Anggereini, E. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning untuk pembelajaran IPA terintegrasi materi gambut. Jurnal BINOMIAL: Jurnal Pendidikan Biologi, 6. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1827
Makatita, A. L. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa SMA Negeri 4 Ambon. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1289
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Samosir, K., & Simatupang, N. (2022). Analisis validitas dan praktikalitas terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah pada materi statistik. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1
Sumanti, Vivi, et al. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM-PjBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6665