Main Article Content

Abstract

Rendahnya performa peserta didik pada asesmen nasional maupun internasional menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis masih perlu ditingkatkan melalui perangkat pembelajaran yang tepat. Sejalan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project-Based Learning (PjBL) guna memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMP/MTs. Pengembangan perangkat dilakukan melalui desain penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri atas peserta didik kelas VII.2 dan VII.3 SMP Al-Faruqi serta dua kelompok validator yang mencakup ahli materi dan ahli teknologi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria Sangat Valid dengan nilai indeks validitas 0,82, serta tergolong Sangat Praktis berdasarkan hasil uji coba, yaitu 89% pada kelompok kecil dan 91% pada kelompok besar. Selain itu, perangkat ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, ditunjukkan oleh perbedaan signifikan antara rerata nilai posttest kelompok eksperimen (71,79) dan kelompok kontrol (54,28). Dengan demikian, perangkat pembelajaran berbasis PjBL yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran matematika selaras dengan Kurikulum Merdeka.

Keywords

critical thinking skills, learning tools, mathematics, Project Based Learning, student worksheet (LKPD) Project Based Learning, kemampuan berpikir kritis, perangkat pembelajaran, LKPD, matematika

Article Details

How to Cite
Ferdiyanti, F., & Muhandaz, R. (2025). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(3), 381–390. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.3.381-390

References

  1. Ayu, D., Diah, et al. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 9(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4552
  2. Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2023). Analisis model Project Based Learning (PjBL) pada buku siswa tema 1 kelas V sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.126
  3. Fartina, et al. (2024). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kappa Journal, 8. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i3.28682
  4. Gumanti, Y., Roza, Y., & Murni, A. (2024). Pengembangan modul ajar dengan menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3001
  5. Hakiki, Fiqih Nur, et al. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6184
  6. Hasanah, U., & Siregar, L. N. K. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis keterampilan materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9. https://doi.org/10.29210/1202323008
  7. Hidayati Husna, R., & Pritasari, A. C. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Journal of Mathematics Learning Innovation, 3. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8978
  8. Khairani, D., et al. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8468
  9. Layyina, H., Nursyahadiyah, F., & Listyarini, I. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model Project Based Learningberbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608
  10. Juliansih, P., Hariyadi, B., & Anggereini, E. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning untuk pembelajaran IPA terintegrasi materi gambut. Jurnal BINOMIAL: Jurnal Pendidikan Biologi, 6. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1827
  11. Makatita, A. L. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa SMA Negeri 4 Ambon. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1289
  12. Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
  13. Samosir, K., & Simatupang, N. (2022). Analisis validitas dan praktikalitas terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah pada materi statistik. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1
  14. Sumanti, Vivi, et al. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM-PjBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6665