Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa SMK, kurangnya pemanfaatan budaya lokal dalam pembelajaran matematika, dan keterbatasan bahan ajar kontekstual. Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar transformasi geometri berbasis etnomatematika melalui alat musik tradisional Degung Sunda yang valid, praktis, dan mampu mendukung literasi matematis siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Karya Bakti Mandiri Cisata. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon pendidik, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria “sangat valid” dan “sangat praktis”. Validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan 90%, ahli media 96%, ahli bahasa 98%, dan uji respon guru 96%. Bahan ajar berbentuk flipbook digital melalui Canva for Education ini mampu mengaitkan konsep transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi) dengan unsur budaya Degung Sunda. Dengan demikian, bahan ajar ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK karena valid, praktis, dan mendukung literasi matematis siswa.

Keywords

Bahan Ajar Degung Sunda Etnomatematika Literasi Matematis Transformasi Geometri Bahan ajar, Degung Sunda, Etnomatematika, Literasi Matematis, Transformasi Geometri

Article Details

How to Cite
Cahyati, K., Sartika, N. S., & Yunitasari, I. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI ALAT MUSIK TRADISONAL DEGUNG SUNDA UNTUK MENDUKUNG LITERASI MATEMATIS SISWA SMK . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(3), 341–351. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.3.341-351

References

  1. Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
  2. Cahyono, A. D. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika kesenian rebana untuk mendukung literasi matematis siswa SMP. MATHEdunesa, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
  3. D’Ambrosio, U. 1985. Ethnomathematics and Its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
  4. Dewanti L. & Yasmita, E. M. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis buku cerita bergambar pada siswa si SDN 17 Pasar Surantih Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 381–388.
  5. Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 114–119.
  6. Hazira, K. V. A., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Analisis literasi matematis siswa pada soal berbasis asesmen kompetensi minimum. JARME : Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(2), 117–126.
  7. Khairiyah, K. (2022). Analisis Perkembangan Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi. Jurnal Inkuiri Multidisiplin dalam Sains, Teknologi dan Penelitian Pendidikan , 2 (3), 4050–4056. https://doi.org/10.32672/mister.v2i3.3567
  8. Maspuroh, P., Pajriah, S., & Suryana, A. (2023). Pembelajaran sejarah melalui nilai-nilai kesenian degung di kelas X IPS 1 MA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2022-2023. Jurnal Artefak, 10(2), 251-260. https://doi.org/10.25157/ja.v10i2.12349
  9. Muhtadi, D., Sukirwan, S., Warsito, W., & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198.
  10. Ningsih, I. N., & Swastika, A. (2024). Kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 411–426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2215
  11. Nurmaya, R. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–29. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941
  12. Pratiwi, D. & Ramdhan, S. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMK. Jurnal Gammath, 2(2), 1–13.
  13. Ramalisa, Y., Falani, I., & Pasaribu, F. T. (2024). Rasch analysis in developing Jambi culture-based ethnomathematics test for prospective mathematics teachers. JRAMathEdu: Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 8(4), 243–57. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v8i4.2921
  14. Siahaan, M. M. L., Hijriani, L., & Toni, A. (2022). Identifikasi kemampuan literasi numerasi melalui instrumen asesmen kompetensi minimum pada siswa SMA Kelas XI SMAS Warta Bakti Kefamenanu. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 178-189. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.5751
  15. Silitonga, A. I., Hastuti, P., Thohiri, R., & Pulungan, A. F. (2022). Implementasi addie model dalam pengembangan e-module berbasis case method. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(2), 101-110. https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10298
  16. Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan buku teks matematika kelas 8 dengan model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
  17. Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
  18. Supriyadi, E., Turmudi, T., Dahlan, J. A., Juandi, D., & Sugiarni, R. (2024). Discovering ethnomathematics in sundanese gamelan: Explore mathematics aspect in gamelan. JTAM: Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 8(3), 852-861. https://doi.org/10.31764/jtam.v8i3.21768
  19. Surat, I. M. (2018). Peranan model pembelajaran berbasis etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan literasi matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083
  20. Wahyudin. (2018). Etnomatematika dan pendidikan matematika multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia,1(1), 1–19.
  21. Wulandari, E. M., Handayani, W. E., Saraswati, N. M., Dhirayani, A. K., & Srinadi, N. K. (2024). Analisis unsur etnomatematika dan nilai optimasi pada produksi alat musik angklung bali. Journal on Education, 6(3), 15973–15982.