Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa SMK, kurangnya pemanfaatan budaya lokal dalam pembelajaran matematika, dan keterbatasan bahan ajar kontekstual. Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar transformasi geometri berbasis etnomatematika melalui alat musik tradisional Degung Sunda yang valid, praktis, dan mampu mendukung literasi matematis siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Karya Bakti Mandiri Cisata. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon pendidik, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria “sangat valid” dan “sangat praktis”. Validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan 90%, ahli media 96%, ahli bahasa 98%, dan uji respon guru 96%. Bahan ajar berbentuk flipbook digital melalui Canva for Education ini mampu mengaitkan konsep transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi) dengan unsur budaya Degung Sunda. Dengan demikian, bahan ajar ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK karena valid, praktis, dan mendukung literasi matematis siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Kamila Cahyati, Nenden Suciyati Sartika, Ika Yunitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
- Cahyono, A. D. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika kesenian rebana untuk mendukung literasi matematis siswa SMP. MATHEdunesa, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
- D’Ambrosio, U. 1985. Ethnomathematics and Its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
- Dewanti L. & Yasmita, E. M. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis buku cerita bergambar pada siswa si SDN 17 Pasar Surantih Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 381–388.
- Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 114–119.
- Hazira, K. V. A., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Analisis literasi matematis siswa pada soal berbasis asesmen kompetensi minimum. JARME : Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(2), 117–126.
- Khairiyah, K. (2022). Analisis Perkembangan Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi. Jurnal Inkuiri Multidisiplin dalam Sains, Teknologi dan Penelitian Pendidikan , 2 (3), 4050–4056. https://doi.org/10.32672/mister.v2i3.3567
- Maspuroh, P., Pajriah, S., & Suryana, A. (2023). Pembelajaran sejarah melalui nilai-nilai kesenian degung di kelas X IPS 1 MA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2022-2023. Jurnal Artefak, 10(2), 251-260. https://doi.org/10.25157/ja.v10i2.12349
- Muhtadi, D., Sukirwan, S., Warsito, W., & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198.
- Ningsih, I. N., & Swastika, A. (2024). Kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 411–426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2215
- Nurmaya, R. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–29. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941
- Pratiwi, D. & Ramdhan, S. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMK. Jurnal Gammath, 2(2), 1–13.
- Ramalisa, Y., Falani, I., & Pasaribu, F. T. (2024). Rasch analysis in developing Jambi culture-based ethnomathematics test for prospective mathematics teachers. JRAMathEdu: Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 8(4), 243–57. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v8i4.2921
- Siahaan, M. M. L., Hijriani, L., & Toni, A. (2022). Identifikasi kemampuan literasi numerasi melalui instrumen asesmen kompetensi minimum pada siswa SMA Kelas XI SMAS Warta Bakti Kefamenanu. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 178-189. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.5751
- Silitonga, A. I., Hastuti, P., Thohiri, R., & Pulungan, A. F. (2022). Implementasi addie model dalam pengembangan e-module berbasis case method. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(2), 101-110. https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10298
- Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan buku teks matematika kelas 8 dengan model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
- Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
- Supriyadi, E., Turmudi, T., Dahlan, J. A., Juandi, D., & Sugiarni, R. (2024). Discovering ethnomathematics in sundanese gamelan: Explore mathematics aspect in gamelan. JTAM: Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 8(3), 852-861. https://doi.org/10.31764/jtam.v8i3.21768
- Surat, I. M. (2018). Peranan model pembelajaran berbasis etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan literasi matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083
- Wahyudin. (2018). Etnomatematika dan pendidikan matematika multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia,1(1), 1–19.
- Wulandari, E. M., Handayani, W. E., Saraswati, N. M., Dhirayani, A. K., & Srinadi, N. K. (2024). Analisis unsur etnomatematika dan nilai optimasi pada produksi alat musik angklung bali. Journal on Education, 6(3), 15973–15982.
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Cahyono, A. D. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika kesenian rebana untuk mendukung literasi matematis siswa SMP. MATHEdunesa, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
D’Ambrosio, U. 1985. Ethnomathematics and Its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Dewanti L. & Yasmita, E. M. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis buku cerita bergambar pada siswa si SDN 17 Pasar Surantih Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 381–388.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 114–119.
Hazira, K. V. A., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Analisis literasi matematis siswa pada soal berbasis asesmen kompetensi minimum. JARME : Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(2), 117–126.
Khairiyah, K. (2022). Analisis Perkembangan Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi. Jurnal Inkuiri Multidisiplin dalam Sains, Teknologi dan Penelitian Pendidikan , 2 (3), 4050–4056. https://doi.org/10.32672/mister.v2i3.3567
Maspuroh, P., Pajriah, S., & Suryana, A. (2023). Pembelajaran sejarah melalui nilai-nilai kesenian degung di kelas X IPS 1 MA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2022-2023. Jurnal Artefak, 10(2), 251-260. https://doi.org/10.25157/ja.v10i2.12349
Muhtadi, D., Sukirwan, S., Warsito, W., & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198.
Ningsih, I. N., & Swastika, A. (2024). Kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 411–426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2215
Nurmaya, R. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–29. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941
Pratiwi, D. & Ramdhan, S. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMK. Jurnal Gammath, 2(2), 1–13.
Ramalisa, Y., Falani, I., & Pasaribu, F. T. (2024). Rasch analysis in developing Jambi culture-based ethnomathematics test for prospective mathematics teachers. JRAMathEdu: Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 8(4), 243–57. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v8i4.2921
Siahaan, M. M. L., Hijriani, L., & Toni, A. (2022). Identifikasi kemampuan literasi numerasi melalui instrumen asesmen kompetensi minimum pada siswa SMA Kelas XI SMAS Warta Bakti Kefamenanu. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 178-189. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.5751
Silitonga, A. I., Hastuti, P., Thohiri, R., & Pulungan, A. F. (2022). Implementasi addie model dalam pengembangan e-module berbasis case method. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(2), 101-110. https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10298
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan buku teks matematika kelas 8 dengan model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Supriyadi, E., Turmudi, T., Dahlan, J. A., Juandi, D., & Sugiarni, R. (2024). Discovering ethnomathematics in sundanese gamelan: Explore mathematics aspect in gamelan. JTAM: Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 8(3), 852-861. https://doi.org/10.31764/jtam.v8i3.21768
Surat, I. M. (2018). Peranan model pembelajaran berbasis etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan literasi matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083
Wahyudin. (2018). Etnomatematika dan pendidikan matematika multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia,1(1), 1–19.
Wulandari, E. M., Handayani, W. E., Saraswati, N. M., Dhirayani, A. K., & Srinadi, N. K. (2024). Analisis unsur etnomatematika dan nilai optimasi pada produksi alat musik angklung bali. Journal on Education, 6(3), 15973–15982.