Main Article Content

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pembelajaran konvensional materi segiempat dan segitiga di kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 peserta didik yang mendapat perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berdasarkan posttest. Pada pengujian persyaratan analisis diperoleh bahwa kedua data berdistribusi normal namun kedua data tidak homogen. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikan = 0,000 <  = 0,05 maka  ditolak. Oleh karena itu, dapat  disimpulkan bahwa terdapat perbedaan  yang signifikan pada rata-rata hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pembelajaran konvensional pada materi segiempat dan segitiga di kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.

  

Abstract 

This study aims to determine differences in student study results of mathematics between cooperative learning model group investigation type with conventional learning material quadrilateral and triangle in class VII of Junior High School 18 Bengkulu City. This research was a quasi-experimental research. The sample of this study was the students of class VII.5 as the experimental class of 31 learners who received treatment model of cooperative learning type group investigation and class VII.1 as the control class which amounted to 29 students who received the conventional learning treatment. Data collection technique based on posttest. In the analysis requirements test obtained that the two data were normally distributed but the two data were not homogeneous. Hypothesis test used SPSS obtained significant value = 0,000 < ? = 0.05 then  was rejected. Therefore, it can be concluded that there was a significant difference in the average of students' mathematics study results between cooperative learning model of group investigation type with conventional learning on rectangular and triangle material in class VII of Junior High School 18 Bengkulu City.

Keywords

Kata Kunci Group Investigation Hasil Belajar Konvensional. Keywords Conventional Study Results.

Article Details

Author Biographies

Inda Hudiria, Bengkulu University

Program Studi Pendidikan Matematika

Nurul Astuty Yensy B, Bengkulu University

Program Studi Pendidikan Matematika

M. Fachruddin S, Bengkulu University

Program Studi Pendidikan Matematika
How to Cite
Hudiria, I., Yensy B, N. A., & S, M. F. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS 7 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(2), 114–121. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.2.114-121

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Hidayat, Anwar. 2017. Transformasi Data, (Online), (https://www.statistikian.com/2013/01/transformasi-data.html/amp, diakses tanggal 22 Januari 2018).
  3. Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
  4. Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta : Kata Pena.
  5. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
  6. Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : DIVA Press.
  7. Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 : Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta : ANDI OFFSET.
  8. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
  9. Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Leraning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. 2005. Bandung : Nusa Media.
  10. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
  11. Suherman, Erman dan Udin S. Winataputra. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  12. Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan. Depok : PT RajaGrafindo Persada.