Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model inkuiri terbimbing sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 33 orang, teridiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 26 maret 2018 sampai dengan 21 mei 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik. Peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi peserta didik siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 27, 36.13, 38.63 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif.
Kata Kunci: Aktivitas, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.
ABSTRACK
This study aimed to improve mathematics learning outcpmes in rectangular and triangular materials by applying guided inquiry learning model. The type of this research is classroom action research with technique of collecting data by using learning observation sheet. Subjects of this research are students on VIIA class in SMP Negeri 2 Bengkulu City. The study was conducted in 3 cylces, which is one cycle consisted of four meetings and one final test. Implementation started on march 26th 2016 untill may 21th 2018. This research showed that implementation of guided inquiry learning improve the result of the students. The result of implementation guided inquiry learning model can be seeb from average score on test for first, second, and third cycle respectively which were 64,89,78,73,85,76. The classical completeness in the first, second and third cycle which were 54,55%, 75,76% and 87,88% respectively.
Key Terms: Learning activity, Guided Inquiry Learning
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Abidin, Yunus. 2016.Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:PT Refika Aditama.
- Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi aksara.
- Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Jacobsen, David LA, Paul Eggen dan Donald Kauchak. 2009. Methods For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
- Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Penddidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Suherman, Erman dan Udin S. Winataputra. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar matematika. Jakarta: Universitas terbuka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Referensi
Abidin, Yunus. 2016.Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:PT Refika Aditama.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi aksara.
Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jacobsen, David LA, Paul Eggen dan Donald Kauchak. 2009. Methods For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Penddidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suherman, Erman dan Udin S. Winataputra. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar matematika. Jakarta: Universitas terbuka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.