Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual lebih dari pembelajaran Ekspositori pada materi segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy experiment (Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII.G sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII.F sebagai kelas Kontrol dan kelas VII.A sebagai kelas uji coba. Pengambilan data penelitian hanya dengan menggunakan instrumen posttest (tes hasil belajar). Instrumen penelitian telah di validasi dengan uji Ahli. Instrumen posttest di uji cobakan di kelas uji coba, kemudian dilakukan analisis dengan Uji Validasi, Uji Reliabilitas, Uji Daya Beda Soal dan Uji Taraf Kesukaran untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal posttest. Hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika adalah 62,61 dan varians adalah 82,618. Sedangkan kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika adalah 51,79 dan varians adalah 147,804. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan Uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual lebih dari pembelajaran Ekspositori.

 

Kata Kunci :    Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual, Pembelajaran Ekspositori.

ABSTRACT

This research is aimed to know the comparison of the students’ learning result between using cooperative learning model with Numbered Heads Together (NHT) contextual based more than Expository learning on rectangular material in class VII SMP Negeri 6 Bengkulu City. This research uses Quasy Experiment. The population of this research is all students’ in class VII SMP Negeri 6 Bengkulu City in 2017/2018 academic year. The sample of this research is taken by using purposive sampling technique so that it is gained that class VII.G as the class Experimental and Class VII.F as the Control class and Class VII.A as the trial class. The data area taken using only posttest instrument (learning result test). The instrument of the research is validated by Expert. Posttest instrument has tested in trial class, then it is done an analysis with validation test, reliability test, different question capacity test and difficulties standard test to choose the questions that are assumed better to be posttest question. The result of the post test question shows that the Experimental class with 28 students get mean of the result of learning mathematics is 62,61 and varians is about 82,618. Meanwhile, control class with 29 students get mean  of the result of learning mathematics is 51,79 and variance is about 147,804. An analysis Pra-condition test by using t-test for independent sample shows that mean of the result of students’ learning mathematics in cooperative learning model with Numbered Heads Together (NHT) contextual based more than Expository learning.

 

Keywords:      The Result of learning mathematics, cooperative learning model with Numbered Heads Together (NHT) contextual based, Expository learning.

Keywords

Hasil belajar matematika Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual Pembelajaran Ekspositori.

Article Details

How to Cite
Sari, S. A., Yensy, N. A., & Agustinsa, R. (2019). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.66-77

References

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2017. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Bachtiar, Bagus, dkk. 2017. Kefektifan Model Pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Struktur Berbantu CD Pembelajaran Ditinjau dari Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Vol. 1 No. 1: 53- 57.
  4. Fachruddin. 2010. Diagnostik Potensi Kreaktivitas Peserta Didik. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
  5. Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  6. Huda, Miftahul. 2016. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  7. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Malang.
  8. Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  9. Komalasari, Kokom. 2017. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  10. Komara, Endang. 2016. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
  11. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
  12. Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
  14. Sugiyono. 2017. Statistik untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta
  15. Uno, Hamzah. B dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara