Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan model role playing lebih dari hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran ekspositori di SMPN 21 Kota Bengkulu pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (Eksperimen semu) dengan desain penelitian yaitu The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes akhir (posttest) yang berbentuk tes essay. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa dan , maka yang berarti diterima. Hal ini didukung oleh perhitungan melalui SPSS versi 23 yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,159 dengan taraf signifikan ( ) = 0,05, sehingga Sig. (2-tailed) > ( ). Hasil penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa menggunakan model role playing sama dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu
Kata Kunci: hasil belajar matematika, model role playing, pembelajaran ekspositori.
Abstract
This research was purposed to know difference the student learning result of mathematics by using role playing learning model with expository learning on the subject of aritmetika sosial at the grade VII of Junior High School 21 Kota Bengkulu. This research was a quasi-experimental research design with nonequivalent posttest-only control group design. The instrument used in this research is posttest. The analysis hypotesis test used t-test for independent samples, hence obtained that and , thus, which means is granted. SPSS version 23 program showed that the value of Sig. (2-tailed) = 0,159 with significance level ( ) = 0,05, thus Sig. (2-tailed) > ( ). The result of mathematics by using role playing model with the expository learning at SMPN 21 Bengkulu is equivalent.
Keyword: results outcomes, role playing model, expository learning
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
- Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Hamzah, A dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Lestari dan Yudhanegara, dkk. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
- Pratama, R., dan Fatahillah. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Pada Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Edukasi, 2017, IV(2) : 27-30
- Primasari, dan Rustiana. (2013). “Penggunaan Model Role Playing untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Lundong”. Artikel Publikasi.
- Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
- Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta..
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah, A dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lestari dan Yudhanegara, dkk. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Pratama, R., dan Fatahillah. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Pada Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Edukasi, 2017, IV(2) : 27-30
Primasari, dan Rustiana. (2013). “Penggunaan Model Role Playing untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Lundong”. Artikel Publikasi.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta..