Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education dan pendidikan karakter pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur ADDIE yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Efektifitas LKPD diujicobakan kepada 28 orang peserta didik kelas VIII E SMP N 15 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,25 dengan pencapaian efektifitas : (1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 4,48; (2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 4,71; (3) respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,23; (4) hasil belajar peserta didik dengan skor rata-rata 4,18 dan presentase ketuntasan minimal 85,71%.

Kata kunci : Efektifitas, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), Realistic Mathematics Education, Pendidikan Karakter

 

Abstract

This research aims to produce student worksheet based on realistic mathematics education and character education on polyhedron material that is effective. This research was a developmental research (Research and Development) by adopting ADDIE procedure which are analysis, design, development, implementation, and evaluation. The effectiveness of LKPD was tested on twenty eight students of class VIII E.  The result showed that Student Worksheet based on Realistic Mathematics Education and Character Education on polyhedron material for junior high school grade VIII was very effective with an average score 4,25 with achievement of effectiveness : (1) activity of students with an average score 4,48; (2) activity of teacher with an average score 4,71; (3) the response of students with an average score 4,23; (4) the learning outcomes of students effective with an average score 4,18 and a minimum percentage of 85,71% mastery.

Keywords : Effectiveness, Student Worksheet (LKPD), Realistic Mathematics Education, Character Education

Article Details

How to Cite
Belyuni, S., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). EFEKTIFITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 86–98. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.86-98

References

  1. Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai - Karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. 2017. Buku Guru Matematika kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  5. Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Spinger.
  6. Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Araska.
  7. Daryanto, & Darmiatun, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
  8. Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Dimyati, & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik : Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  11. Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
  13. Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. 2013. Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. jurnal pendidikan matematika .
  15. Nugroho, S. A., Riyadi, & Yulianti. 2014. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri. jurnal Didaktika Dwija Indria SOLO) .
  16. Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
  17. Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan berbasis Kompetensi : Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
  18. Salamah, Umi. 2015. Berlogika Dengan Matematika. Solo: PT Tiga serangkai Pustaka Mandiri.
  19. Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
  20. Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
  21. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia : Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  22. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  23. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
  24. Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta : PT. Citra Aji Parama.
  25. Suyitno, Imam. 2011. Memahami Tindakan pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
  26. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
  27. Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  28. Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.