Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKPD berbasis Saintifik. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui nilai tes hasil belajar siswa setiap siklus. Instrumen hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKPD berbasis Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar  matematika siswa kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dari tanggal 19 Maret 2018 sampai dengan 14 Mei 2018. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut-turut 72,38; 81,23;85,83 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 64,70%, 75,75%, dan 82,85%.


Kata Kunci : Model Pembelajaran TAI, LKPD, Pendekatan Saintifik, Hasil belajar

 

ABSTRACT

This study aims to find out how to improve the results of mathematics learning by applying cooperative learning model TAI type assisted LKPD based Scientific. The type of research conducted is Classroom Action Research (PTK) with data collection techniques through the test results of student learning outcomes each cycle. The results showed that the application of cooperative learning model type TAI-aided LKPD based on Scientific can improve mathematics learning outcomes of students of class VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu Subjects in this study were students class VIII.2 SMP Negeri 4 Bengkulu city 2017/2018 year that amounted to 35 people consisting of 15 male students and 20 female students. The study was conducted in three cycles from March 19, 2018 to May 14, 2018. Improvement of student learning outcomes can be seen from the average value of class 1st cycle tests, cycle 2nd, and cycle 3rd respectively 72,38; 81,23; 85,83 with classical mastery at cycle 1st, 2nd, and 3rd respectively that is 64,70%, 75,75%, and 82,85%.

 

Keywords: TAI Learning Model, LKPD, Scientific Approach and Learning Outcomes

 

Article Details

How to Cite
Sabillah, F. S., Yensy, N. A., & Maizora, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED) BERBANTUAN LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII.2 SMPN 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 110–119. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.110-119

References

  1. Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  2. Aqib, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : CV. Yrama Widya.
  3. Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Depatemen Pendidikan Nasional
  4. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
  5. Meizha, dkk. 2014. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualisation. Jurnal Pendidikan Matematika,Vol 2 No 3,281-287.
  6. Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  7. Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok : PT Rajagrafindo Persada.
  8. Saribun, dkk. 2013. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Tipe TAI dikelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran : Vol 2 No 11: 1-13.
  9. Slavin, E. Robert. 2016. Cooperative Learning. Bandung : Penerbit Nusa Media.
  10. Sulastri. 2014. Pembelajaran Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Model Pembelajaran Group Investigation untuk SMA/MA. Probolinggo: Jurnal Pendidikan Sains,Vol 2 No 1,12-17.