Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan kontekstual agar terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK adalah : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengumpulan Data, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberikan  pertanyaan-pertanyaan untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan, memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami saat proses belajar mengajar berlangsung, dan memberikan  soal-soal  latihan. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I sampai siklus III yaitu : 64,9 ; 73,4 ; dan 78,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 43,3%; 70,0%; dan 76,7 %.

Article Details

How to Cite
Agustika, H., Maulidiya, D., & Utari, T. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 462–475. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.462-475

References

  1. Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
  2. Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Juniarto, S., Mardiyana, & Usodo, B. (2016). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Menggunakan Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 860-874.
  4. Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  5. Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  6. Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 54-61.
  7. Rahman, A., & dkk. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Pembelajaran Matematika , 860-874.
  8. Saputro, A. H., Suhartono, & Ngatman. (2012). Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD. jurnal PGSD , 1-5.
  9. Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  10. Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. jurnal pendidikan matematika , 14-25.
  11. Yanirawati, S., ZA, N., & Mirna. (2012). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual disertai Tugas Peta Pikir Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika , 1-7.