Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan kontekstual agar terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK adalah : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengumpulan Data, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan, memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami saat proses belajar mengajar berlangsung, dan memberikan soal-soal latihan. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I sampai siklus III yaitu : 64,9 ; 73,4 ; dan 78,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 43,3%; 70,0%; dan 76,7 %.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
- Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Juniarto, S., Mardiyana, & Usodo, B. (2016). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Menggunakan Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 860-874.
- Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 54-61.
- Rahman, A., & dkk. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Pembelajaran Matematika , 860-874.
- Saputro, A. H., Suhartono, & Ngatman. (2012). Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD. jurnal PGSD , 1-5.
- Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. jurnal pendidikan matematika , 14-25.
- Yanirawati, S., ZA, N., & Mirna. (2012). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual disertai Tugas Peta Pikir Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika , 1-7.
References
Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Juniarto, S., Mardiyana, & Usodo, B. (2016). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Menggunakan Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 860-874.
Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 54-61.
Rahman, A., & dkk. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Pembelajaran Matematika , 860-874.
Saputro, A. H., Suhartono, & Ngatman. (2012). Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD. jurnal PGSD , 1-5.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. jurnal pendidikan matematika , 14-25.
Yanirawati, S., ZA, N., & Mirna. (2012). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual disertai Tugas Peta Pikir Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika , 1-7.