Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul matematika pada materi arimetika sosial di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (research dan development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, and Evaluate). Pemilihan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP yang terdiri dari 25 orang peserta didik untuk uji praktisitas dan 26 orang peserta didik untuk uji efektivitas. Tahapan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji praktisitas dan uji efektivitas. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah lembar validasi modul, lembar praktisitas dan lembar efektivitas. Hasil uji validitas mendapat skor 4.26, uji praktisitas mendapat skor 4.19 dan uji efektivitas mendapat skor 4.066. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci : modul, penelitian dan pengembangan, hasil pengembangan
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anwar. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Bahan Kuliah Online.Direktori.UPI.
- Branch, Robert Marribe;. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
- Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
- Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.
- Dimyanti, & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajara. Jakarta: Rineka Cipta.
- Maizora, S. (2011). Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Tesis Konsentrsi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP.
- Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
- Sudjana. (1975). Metode Statitika. Bandung: Tarsito.
- Wibowo, E. W. (2016). Analisis Pemanfaatan Prezi Desktop Sebagai Media Pembelajaran di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. PRIMARY, 147.
- Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Asyhar, R. (2012) . Kreatif mengembangkan media pembelajaran. jakarta: ompleks megamall blok B22,25 & C15 Ciputat - Jakarta 15419
References
Anwar. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Bahan Kuliah Online.Direktori.UPI.
Branch, Robert Marribe;. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.
Dimyanti, & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajara. Jakarta: Rineka Cipta.
Maizora, S. (2011). Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Tesis Konsentrsi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sudjana. (1975). Metode Statitika. Bandung: Tarsito.
Wibowo, E. W. (2016). Analisis Pemanfaatan Prezi Desktop Sebagai Media Pembelajaran di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. PRIMARY, 147.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asyhar, R. (2012) . Kreatif mengembangkan media pembelajaran. jakarta: ompleks megamall blok B22,25 & C15 Ciputat - Jakarta 15419