Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul matematika pada materi arimetika sosial di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (research dan development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, and Evaluate). Pemilihan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP yang terdiri dari 25 orang peserta didik untuk uji praktisitas dan 26 orang peserta didik untuk uji efektivitas. Tahapan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji praktisitas dan uji efektivitas. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah lembar validasi modul, lembar praktisitas dan lembar efektivitas. Hasil uji validitas mendapat skor 4.26, uji praktisitas mendapat skor 4.19 dan uji efektivitas mendapat skor 4.066. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat valid, praktis, dan efektif.

Kata kunci : modul, penelitian dan pengembangan, hasil pengembangan

Keywords

modul penelitian dan pengembangan hasil pengembangan

Article Details

How to Cite
Adriansyah, R. D., Muchlis, E. E., & Siagian, T. A. (2021). Pengembangan Modul Matematika Pada Materi Aritmetika Sosial Di Kelas VII SMP/Mts. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 320–329. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.320-329

References

  1. Anwar. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Bahan Kuliah Online.Direktori.UPI.
  2. Branch, Robert Marribe;. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
  3. Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
  4. Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.
  5. Dimyanti, & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajara. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Maizora, S. (2011). Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Tesis Konsentrsi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP.
  7. Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
  8. Sudjana. (1975). Metode Statitika. Bandung: Tarsito.
  9. Wibowo, E. W. (2016). Analisis Pemanfaatan Prezi Desktop Sebagai Media Pembelajaran di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. PRIMARY, 147.
  10. Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Asyhar, R. (2012) . Kreatif mengembangkan media pembelajaran. jakarta: ompleks megamall blok B22,25 & C15 Ciputat - Jakarta 15419