Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievements Division dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dari peneliian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling (sampling pertimbangan). Peneliti memilih sampel kelas VII A dan VII B, kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dankelas VIIB sebagai kelas kontrol yang mnggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai dengan taraf signifikan 5%. Untuk kelas eksperimen nilai rata-rata tes akhir adalah 35,62 sedangkan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol adalah 39,21.
Kata kunci : Efektivitas, Hasil Belajar, Student Teams Achievements Division, Pembelajaran Ekspositori
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arikunto,Suharsimi.(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PTBumi Aksara.
- _______________.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik .Jakarta: PTBumi Aksara.
- Hasan, M. Iqbal. (2008). Pokok-Pokok Materi Statistic 2 (Startistik Inferensif).Jakarta : Bumi Aksara.
- Jihad, Asep dan Abdul Haris.(2013).Evaluasi Penmbelajaran.Yogyakarta : Multi Pressindo.
- Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung : PT. Refika Aditama.
- Rachmawati, Tika Karlina. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama . UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Vol. 5, Hal. 52.
- Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
- Slavin, Robert. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
- Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
- Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
- Sugiyono. (2010).Statistika UntukPenelitian. Bandung :Alfabeta.
- Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Referensi
Arikunto,Suharsimi.(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PTBumi Aksara.
_______________.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik .Jakarta: PTBumi Aksara.
Hasan, M. Iqbal. (2008). Pokok-Pokok Materi Statistic 2 (Startistik Inferensif).Jakarta : Bumi Aksara.
Jihad, Asep dan Abdul Haris.(2013).Evaluasi Penmbelajaran.Yogyakarta : Multi Pressindo.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung : PT. Refika Aditama.
Rachmawati, Tika Karlina. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama . UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Vol. 5, Hal. 52.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Slavin, Robert. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. (2010).Statistika UntukPenelitian. Bandung :Alfabeta.
Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok : PT RajaGrafindo Persada