Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan Pendekatan Saintifik di kelas VIII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara : (1) membuat LKPD menggunakan model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan saintifik, langkah-langkah yang sederhana dan mudah dimengerti oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terarah, (2) memberikan media pembelajaran alat peraga bangun ruang sisi datar pada siklus I dan siklus II untuk membantu siswa memahami pelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 65,10; 79,96; 83,71 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 39,28%; 53,57%; 85,71%.
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
- Hamzah, Ali, & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Lestari, E.K., & Yudhanegara, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Novelia, Rika, dkk. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal JPPMS (online), Vol. 1, No.1,(https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 5 juli 2019.
- Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Trianto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Wardhani, IGAK, & Wihardit, Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Referensi
Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Hamzah, Ali, & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Lestari, E.K., & Yudhanegara, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Novelia, Rika, dkk. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal JPPMS (online), Vol. 1, No.1,(https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 5 juli 2019.
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, IGAK, & Wihardit, Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.