Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Penemuan Terbimbing pada materi bangun ruang sisi yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan menjadi 3 Tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektifitas. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini menunjukan bahwa LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu termasuk dalam kriteria: sangat valid dengan skor rata-rata 4,56, sangat praktis dengan skor rata-rata 4,46, dan sangat efektif dengan skor rata-rata 4,72.

Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Penemuan Terbimbing,  Pengembangan.

 

Abstact

This research aimed to produce student worksheet based on guided discovery for Polyhedrons lesson that is valid, practical, and effective. This research was a developmental research (Research and Development) by modifying Thiagarajan 4D procedure into 3 phases which are defining, designing, and developing phase consisting of validity, practicality and effectiveness. The instruments of this research study were the validated sheet, the practicality sheet, and the effective sheet. The result of Student worksheet (LKPD) based on Guided Discovery  for Polyhedrons lesson at SMPN 20 Bengkulu City was very valid with an average score about 4,56, very practical with an average score about 4,46, and very effective with an average score about 4,72.

Keywords : Student Worksheet, Guided Discovery, Development.     

Article Details

How to Cite
sari, P., Hanifah, H., & Susanta, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 147–157. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.147-157

References

  1. Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., dan Khotimah, K. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, SD, SLB, TK. Bandung: CV Yrama Widya.
  2. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negri Malang (UM Press).
  3. Kurniati, Desi. 2017. Efektivitas Media Komik Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 6I Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1. (Diakses 6 Juli 2019). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2252/1497
  4. M. Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Maizora, Syafdi. 2011. Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Tesis Konsentrsi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP.
  6. Novelia,Rika.2017. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1. (diakes 6 Juli 2019). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2266/1498
  7. Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
  8. Sudjana. 1975. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  9. Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Widyastono, Herry.2015. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke kurikulum 2013. Jakarta: PT.Bumi Aksara.