Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.  Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik.  Peningkatan aktivitas belajar dapat dilakukan dengan cara : membuat lembar kerja peserta didik yang bersesuaian dengan langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation, menggunakan alat-alat ataupun media-media bantu dalam pembelajaran, membentuk kelompok heterogen, melibatkan peserta didik secara aktif, dan memberi hukuman.  Peningkatan tersebut dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 31 (kriteria cukup);38,25 (kriteria cukup); 47 (kriteria baik).  Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan soal latihan, meminta peserta didik bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan perhatian khusus.  Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata latihan dan tes hasil belajar peserta didik siklus I sampai siklus III yaitu 62,15;73,5; dan 84,09 persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 41,93%; 61,29%; dan 77,41%.


Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Group Investigation.

Keywords

Aktivitas Belajar Hasil Belajar Group Investigation.

Article Details

How to Cite
Putri, D. U., Maizora, S. M., Stiadi, E., & Lestary, R. (2022). PENERAPAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMPN 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 421–428. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.421-428

References

  1. Aqib, Z. & Diniati, E. & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrma Widya.
  2. Kunandar.2013.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Raja Grasindo Persada
  3. Sadirman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Sukmadinata, Nana Syadih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
  4. Shalikhah, Maratu & Putra, Aji Permana. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantu Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Open EndedSMP Negeri 2 Ceper Klaten. Klaten: Jurnal Numeracy. Vol.5, No.2.
  5. Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
  7. Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
  9. Sukmadinata, Nana Syadih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya