Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilakukan dengan cara : membuat lembar kerja peserta didik yang bersesuaian dengan langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation, menggunakan alat-alat ataupun media-media bantu dalam pembelajaran, membentuk kelompok heterogen, melibatkan peserta didik secara aktif, dan memberi hukuman. Peningkatan tersebut dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 31 (kriteria cukup);38,25 (kriteria cukup); 47 (kriteria baik). Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan soal latihan, meminta peserta didik bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata latihan dan tes hasil belajar peserta didik siklus I sampai siklus III yaitu 62,15;73,5; dan 84,09 persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 41,93%; 61,29%; dan 77,41%.
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Group Investigation.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Diarti Utami Putri, Syafdi Maizora Maizora, Rusdi Rusdi Rusdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Z. & Diniati, E. & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrma Widya.
- Kunandar.2013.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Raja Grasindo Persada
- Sadirman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Sukmadinata, Nana Syadih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Shalikhah, Maratu & Putra, Aji Permana. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantu Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Open EndedSMP Negeri 2 Ceper Klaten. Klaten: Jurnal Numeracy. Vol.5, No.2.
- Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
- Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
- Sukmadinata, Nana Syadih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
References
Aqib, Z. & Diniati, E. & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrma Widya.
Kunandar.2013.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Raja Grasindo Persada
Sadirman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Sukmadinata, Nana Syadih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Shalikhah, Maratu & Putra, Aji Permana. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantu Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Open EndedSMP Negeri 2 Ceper Klaten. Klaten: Jurnal Numeracy. Vol.5, No.2.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sukmadinata, Nana Syadih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya