Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara menunjuk secara acak peserta didik yang tidak membaca untuk membacakan masalah di kelas, membimbing dan melibatkan peserta didik secara aktif saat kegiatan mengamati, membuat pertanyaan, dan mengumpulkan data, Peserta didik diatur dalam kelompok belajar yang heterogen berdasarkan nilai tes, keaktifan dan kedekatan peserta didik, menghampiri dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan saat menuliskan kesimpulan, memberikan nilai tambah bagi peserta didik yang aktif. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas belajar peserta didik siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 20,25 (kriteria cukup aktif); 27,625 (kriteria cukup aktif); 33,5 (kriteria aktif). Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memberikan suatu permasalahan yang akan memancing pengetahuan awal peserta didik. Peserta didik dibimbing untuk menemukan konsep dan penyelesaian soal. Peserta didik menuliskan kesimpulan dengan bahasanya sendiri. Memberikan latihan soal kepada peserta didik dan memberikan motivasi serta bimbingan lebih kepada peserta didik yang belum tuntas pada tiap siklus. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata Tes Hasil Belajar peserta didik siklus I sampai siklus III yaitu 63,74; 74,78; dan 81,33 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 40,74 %, 59,26 %, dan 77,78%.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- A. M, Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Anggraeni, Sintya S, dkk. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, Vol. 1, No.1, Agustus 2017.
- Aqib, Z. & Diniati, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
- Isrok’atun & Rosmala. A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
- Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Sari, Monita Dwi Ambar. 2015. Penerapan Strategi Think-Talk-Write dengan Pendekatan Scientific Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
- Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
- Taniredja, Tukiran, dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
References
A. M, Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Anggraeni, Sintya S, dkk. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, Vol. 1, No.1, Agustus 2017.
Aqib, Z. & Diniati, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Isrok’atun & Rosmala. A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sari, Monita Dwi Ambar. 2015. Penerapan Strategi Think-Talk-Write dengan Pendekatan Scientific Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.