Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi segiempat dan segitiga di SMPN 15 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 15 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 15 Maret 2019 sampai dengan 07 Mei 2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa  berupa self checklist siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 37.25, 41.5,  46.5 dengan kriteria secara berturut-turut adalah baik, baik, sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I, II, dan III secara berturut-turut 62.86 , 71,05 dan 80.20 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 31,03%, 58,62% dan 82,75%.

Kata Kunci :  Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Make A Match, Media Gambar.

 

 

Keywords

Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pembelajaran Make A Match Media Gambar.

Article Details

How to Cite
Lestari, K. D. U., Maizora, S., Susanta, A., & Lestary, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 119–127. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.119-127

References

  1. Aqib, Zaenal dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : Yrama Widya, 2014.
  2. Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi.. Penelitian Tindakan kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi aksara, 2015.
  3. Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Penerbit Gava Media, 2014.
  4. Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.
  5. Noviza, Nelvi dkk. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTSN 1 Kota Bengkulu Dengan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal JPPMS (online), Vol. 1, No. 1, (https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 10 juli 2019.
  6. Rusman. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.