Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi segiempat dan segitiga di SMPN 15 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 15 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 15 Maret 2019 sampai dengan 07 Mei 2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa berupa self checklist siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 37.25, 41.5, 46.5 dengan kriteria secara berturut-turut adalah baik, baik, sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I, II, dan III secara berturut-turut 62.86 , 71,05 dan 80.20 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 31,03%, 58,62% dan 82,75%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Make A Match, Media Gambar.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Zaenal dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : Yrama Widya, 2014.
- Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi.. Penelitian Tindakan kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi aksara, 2015.
- Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Penerbit Gava Media, 2014.
- Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.
- Noviza, Nelvi dkk. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTSN 1 Kota Bengkulu Dengan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal JPPMS (online), Vol. 1, No. 1, (https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 10 juli 2019.
- Rusman. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
References
Aqib, Zaenal dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : Yrama Widya, 2014.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi.. Penelitian Tindakan kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi aksara, 2015.
Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Penerbit Gava Media, 2014.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.
Noviza, Nelvi dkk. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTSN 1 Kota Bengkulu Dengan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal JPPMS (online), Vol. 1, No. 1, (https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 10 juli 2019.
Rusman. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.