Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis matematika antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran saintifik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan siswa kelas VIII H berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I yang terdiri dari 29 orang siswa sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 70,7 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 61,10. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata (?) = 5% didapat angka sig.(2-tailed) = 0,002 < 0,05 dan = 2,955 > = 2,005 Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika antara model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematika dengan pembelajaran saintifik di kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo.2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
- Daryanto dan Saiful Karim. 2017. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Hutajalu, M. 2010. Pengaruh Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Jurnal,(Online),(http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/ viewFile/3626/2217) diakses 19 Desember 2018.
- Isrok’atun, dan Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
- Lestari, Karunia E dan M Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
- Rizki,Lidya Dita,Dkk. Perbandingan Hasil Belajar Antara Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Manipulatife Dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal JP2MS(Online), Vol. 1,No.1,(Https://Ejournal.unib.ac.id./index.php/JPPMS/Issue/Archive), Diakses 10 Juli 2019.
- Sugiyono. 2017. Statistik untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta
- Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta
- Suwarma, Dina Mayadiana. 2009. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Suatu Alternatif Pembelajaran. Jakarta: Cakrawala.
References
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo.2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Daryanto dan Saiful Karim. 2017. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hutajalu, M. 2010. Pengaruh Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Jurnal,(Online),(http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/ viewFile/3626/2217) diakses 19 Desember 2018.
Isrok’atun, dan Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Lestari, Karunia E dan M Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
Rizki,Lidya Dita,Dkk. Perbandingan Hasil Belajar Antara Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Manipulatife Dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal JP2MS(Online), Vol. 1,No.1,(Https://Ejournal.unib.ac.id./index.php/JPPMS/Issue/Archive), Diakses 10 Juli 2019.
Sugiyono. 2017. Statistik untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta
Suwarma, Dina Mayadiana. 2009. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Suatu Alternatif Pembelajaran. Jakarta: Cakrawala.