Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dari hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan saintifik di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research (Penelitian Eksperimen Semu) dengan desain penelitian nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII 5 sebagai kelas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas VII 6 sebagai kelas pendekatan Saintifik yang berjumlah 26 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk soal uraian. Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) adalah 53,5 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan pendekatan Saintifik sebesar 44,54. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Realistic Mathematics educatio (RME)lebih dari hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Saintifik di kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu, dengan thitunng = 2,689441 > ttabel = 2,008559.

Keywords

Hasil Belajar Matematika Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pendekatan Saintifik

Article Details

How to Cite
Wibowo, A., Hanifah, H., Muchlis, E. E., & Siagian, T. A. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 359–370. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.359-370

References

  1. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
  2. Gravemeijer, K. P. E. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
  3. Gusnarsi, dkk. 2017. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 2 (1): 32-36.
  4. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Isrok’atun, & Rosmala, A. 2018. Model-Pendekatan Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Jalal, A. 2018. Kolaborasi RME (Realistic Mathematics Education) dengan TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Axioma. 3 (1): 97-111.
  7. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Refika Aditama
  8. Maryani, dkk. 2017. Perbandingan Hasil Belajara Matematika Siswa Antara Pendekatan Kooperatif Tipe Group Investigation dan Student Teams Achievement Division. JP2MS. 1 (1): 54-59.
  9. Rizki, Lidya Dita dkk. 2017. Perbandingan hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Manipulatif Dengan Pembelajaran Konvensional. JP2MS. 1 (1): 47-53.
  10. Wibowo, A. 2017. Pengarruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan Saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1):1-10.