Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Tim Assisted Individualization lebih dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran saintifik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal uraian atau essai. Dalam penelitian ini digunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,39 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,23. Hal ini menunjukkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung=2,5299 dan ttabel = 2,000 dengan = 0,05. Karena thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Tim Assisted Individualization lebih dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran saintifik
Kata Kunci: Eksperimen, Hasil belajar, Tim Assisted Individualization (TAI), Saintifik.
ABSTRACT
This study aims to determine whether the mathematics learning result of students using cooperative learning model type TAI (Tim Assisted Individualization) more than the result of mathematics learning students who use Saintific in class VIII at SMP 11 Kota Bengkulu. The type of this study was Quasy Experiment with Nonequivalent Posttest-only Control Group Design . The population in this study was the students of class VIII SMPN 11 Bengkulu City academic year 2018/2019. The sample of this study were Class VIII E as experiment class and Class VIII D as control class. The data collection technique in this research was instrument test result of learning (posttest) in the form of essay matter. For analyzing data the researcher used t-test with normal and homogenous distribution data. The mean value of the experiment class was 70,39 and the control class average was 61,23. This research was done by hypothesis test using t-test obtained tcount= 2,54 and ttable = 2,00 with ? = 0,05. Finally the conclusion of this research were the average students mathematics learning results using cooperative learning model type TAI (Tim Assisted Individualization) more than the result of mathematics learning students who use Saintific in class VIII at SMP 11 Kota Bengkulu.
Keywords: Experiments, Learning Outcomes, Tim Assisted Individualization (TAI), Scientific.
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
- Friana, Hendra. (2018, Mei). Hasil UNBK SMP 2018: Rata-rata Nilai Turun Kecuali Bahasa Inggris. https://tirto.id/hasil-unbk-smp-2018-rata-rata-nilai-turun-kecuali-bahasa-inggris-cLiy.
- Haris dan Jihad. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
- Isrok’atun, & Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
- Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Adhitama.
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: P4TK.
- Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
- Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Referensi
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Friana, Hendra. (2018, Mei). Hasil UNBK SMP 2018: Rata-rata Nilai Turun Kecuali Bahasa Inggris. https://tirto.id/hasil-unbk-smp-2018-rata-rata-nilai-turun-kecuali-bahasa-inggris-cLiy.
Haris dan Jihad. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Isrok’atun, & Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Adhitama.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: P4TK.
Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.