Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Tim Assisted Individualization lebih dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran saintifik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal uraian atau essai. Dalam penelitian ini digunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,39 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,23. Hal ini menunjukkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung=2,5299 dan ttabel = 2,000 dengan  = 0,05. Karena thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Tim Assisted Individualization lebih dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran saintifik

Kata Kunci: Eksperimen, Hasil belajar, Tim Assisted Individualization (TAI), Saintifik.

 

ABSTRACT

This study aims to determine whether the mathematics learning result of students using cooperative learning model type TAI (Tim Assisted Individualization) more than the result of mathematics learning students who use Saintific in class VIII at SMP 11 Kota Bengkulu. The type of this study was Quasy Experiment with Nonequivalent Posttest-only Control Group Design . The population in this study was the students of class VIII SMPN 11 Bengkulu City academic year 2018/2019. The sample of this study were Class VIII E as experiment class and Class VIII D as control class. The data collection technique  in this research was instrument test result of learning (posttest) in the form of essay matter. For analyzing data the researcher used t-test with normal and homogenous distribution data. The mean value of the experiment class was 70,39 and the control class average was 61,23. This research was done by hypothesis test using t-test obtained        tcount= 2,54 and      ttable  = 2,00 with ? = 0,05. Finally the conclusion of this research were the average students mathematics learning results using cooperative learning model type TAI (Tim Assisted Individualization) more than the result of mathematics learning students who use Saintific in class VIII at SMP 11 Kota Bengkulu.

Keywords: Experiments, Learning Outcomes, Tim Assisted Individualization (TAI), Scientific.

Keywords

Eksperiment

Article Details

Author Biography

Effie Efrida Muchlis, Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Lecturer in Mathematic Education
How to Cite
Hidayati, L. N., Muchlis, E. E., Rusdi, R., & Siagian, T. A. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 371–381. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.371-381

References

  1. Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  2. Friana, Hendra. (2018, Mei). Hasil UNBK SMP 2018: Rata-rata Nilai Turun Kecuali Bahasa Inggris. https://tirto.id/hasil-unbk-smp-2018-rata-rata-nilai-turun-kecuali-bahasa-inggris-cLiy.
  3. Haris dan Jihad. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  4. Isrok’atun, & Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  6. Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Adhitama.
  7. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: P4TK.
  8. Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.
  9. Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
  10. Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  11. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.