Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII C sebagai kelas realistic mathematics education yang berjumlah 33 peserta didik dan kelas VIII D sebagai kelas saintifik yang berjumlah 34 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes pemahaman konsep yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu, dengan = 0,05 diperoleh perhitungan thitung = 8,523 dan ttabel = 1,997 . Rata – rata hasil belajar siswa kelas realistic mathematics education adalah 76,07 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas saintifik adalah 57,36.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep; Pendekatan Realistic Mathematics Education; Pendekatan Saintifik
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.