Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 06 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 19 orang. Aktivitas peserta didik ditingkatkan dengan cara membuat LKPD yang lebih menarik dan mengurangi materi dengan menyesuaikan waktu pembelajaran, mengarahkan peserta didik membaca dengan teliti langkah kegiatan pada LKPD, menunjuk secara acak kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kedepan kelas. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 20,75, 25,5, 28 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Sementara hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan minat belajar, memberikan soal-soal latihan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I, II , dan III secara berturut-turut 59,72, 74,72, 83,75 dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 36,84%, 63,16%, 78,95%.

Kata kunci: CTL, Aktivitas, Hasil Belajar

Keywords

CTL Aktivitas Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
anggrenii, winda, Yensy B, N. A., & Muchlis, E. E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 229–237. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.229-237

References

  1. Aqib, Zaenal dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SBL dan TK. Bandung : Yrama Widya.
  2. Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  3. Lestari dan Yudhanegara. 2018. Penelitian Pendidik Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
  4. Loviana, Selvi., Nurhanurawati, M. Coesamin. (2013). Pengaruh Penerapaan Metode Cooperative Script terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, Mei 2013.
  5. Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Persada.
  6. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media
  7. Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
  8. Sundayana, Rostina. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : ALFABETA
  9. Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar